136 Kalender Pariwisata Batam Siap Manjakan Turis di 2020

124 0

BATAM – Sebanyak 136 calender of event atau kalender pariwisata Kota Batam 2020, siap digelar untuk memanjakan turis sepanjang tahun. Calender of Events 2020 ini resmi diluncurkan oleh Wali Kota Batam, Muhamad Rudi dalam kegiatan Kenduri Akhir Tahun Dendang Pesisir bertempat di Dataran Engku Putri, Batam Centre, Selasa (31/12) malam.

Dalam Calender of Events 2020 diantaranya Mahakarya Anak Rantau, Tering Bay-Spins golf, Golf Gathering, Trail Run, Pekan Pendidikan Hardiknas, Lomba Cipta Lagu Melayu, Earth day- Tree Planting and Fish Release at Batam Botanic Garden, Festival Tari Melayu, dan sebagainya.
Dari 136 Calender of Events 2020 ada beberapa kegiatan yang menjadi unggulan, diantaranya Imlek Festival& Barongsai Show, Budaya Kuliner Nusantara dan Nongsa Neptune Regatta yang dilaksanakan pada Januari mendatang. Lomba Jong, Carnaval Batam Batik Fashion Week, Batam Great Sale, Kenduri Seni Melayu, Batam International Culture Carnival, Batam Tourism International Marching Championship, Batam Internasional Malay Food Festival, Lomba Pengantin Internasional dan kegiatan pariwisata lainnya.

Di detik-detik pergantian tahun 2020, Wali Kota Batam, Muhamad Rudi mengajak masyarakat Kota Batam untuk membangun Kota Batam. Lewat video calll, Walikota juga melaporkan kepada Plt Gubernur Kepri, Isdianto bahwa Kota Batam dalam keadaan aman pada kegiatan Kenduri Akhir Tahun.

“Pak Gubernur Kota Batam dalam keadaan aman dikendalikan Kapolda kami (Irjen Pol Andap Budhi Revianto) ada 40.000 warga yang datang di Dataran Engku Putri, dan di Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah 20.000 warga,” ujarnya.

Walikota menyebutkan terdapat 136 kegiatan di tahun 2020 ini yang berasal, baik dari pusat, lokal maupun internasional. Adanya kegiatan tersebut Walikota berharap bisa menambah wisata.

“Event sebanyak itu bisa menambah wisata. Apalagi 2020 banyak kali jalan yang saya bangun termasuk dana dari BP (Badan Pengusahaan) Kota Batam membantu menyelesaikan jalan ini. Intinya kita ingin adanya peningkatan kunjungan wisata,” jelasnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Ardiwinata berharap di tahun 2020 ini dunia pariwisata semakin maju. “Harapannya kita lebih maju lagi, pariwisata lebih hebat lagi, dan ekonomi kita lebih maju,” pintanya.

Di tahun 2019 terdapat 114 kegiatan pariwisata, untuk di tahun 2020 ini kegiatan pariwisata bertambah menjadi 136 kegiatan. Menurutnya ini mengindikasi bahwa Kota Batam merupakan kota pariwisata.

“Calender of Events ini akan bertambah lagi karena setiap 6 bulan sudah punya rencana, seperti tahun 2019 114 event, dan 2020 ini menjadi 136 event,” terangnya.

Kegiatan pariwisata tersebut beraneka ragam, seperti kegiatan olahraga, budaya, kuliner, belanja, karnaval. “Untuk kegiatan pariwisata terbaru diantaranya Batam Tourism International Marching Championship, Lomba Pengantin Internasional dan Lomba Cipta Lagu Melayu,” sebutnya.(*)

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *