16 Industri Pariwisata Kepri Raih Penghargaan Program Hot Deals 2019

86 0

BATAM – Sebanyak 16 industri pariwisata di Kepulauan Riau mendapat penghargaan dalam Hot Deals Programme Awarding Night 2019, Jumat 13 Desember 2019, di Best Western Premier Panbil, Ahmad Yani Rd, Muka Kuning, Sei Beduk, Batam Kepri. Total ada 4 kategori pujian yang diberikan.

Hot Deals Programme Awarding Night 2019 memilih Top Sales dalam 4 kategori, yaitu Golf, Tour & Travel, Spa, hingga Ferry Operators. Rangkaian Hot Deals Programme Awarding Night 2019 diawali Tari Sekapur Sirih. Ada juga sajian Tari Payung Piring yang berasal dari Sumatera Barat. Kedua tarian ini dibawakan secara menarik oleh Sanggar Permata Budaya, Batam.

“Hot Deals Programme Awarding Night 2019 sebagai bentuk apresiasi. Bagaimanapun, para industri pariwisata ini memberikan kontribusi yang luar biasa bagi pariwisata Kepri juga Indonesia. Pergerakan wisatawan di Kepri naik signifikan. Kepri saat ini ada di urutan 2 penyumbang wisman terbesar di skala nasional,” ungkap Organizing Committee Program Hot Deals Kepri Christine Besinga, Jumat (13/12).

Hingga Oktober 2019, BPS Kepri mencatat arus wisman mencapai 2,34 Juta orang. Angka itu menempati slot 17,24% dari total kunjungan wisman di Indonesia. Posisi pertama ditempat Bali dengan kontribusi 5,24 Juta wisman. Posisi 3 ditempati Jakarta dengan pergerakan 2,08 Juta orang wisman. Kadisbudpar Kota Batam Ardiwinata menjelaskan, sinergi stakeholder pariwisata di Kepri sangat positif.

“Kami ucapkan terima kasih atas dukungan Kemenparekraf melalui program Hot Deals. Semua menjadi semakin kompetitif karena sinergi positif dari seluruh stakeholder pariwisata di Kepri. Batam contohnya, terus mengembangkan infrastruktur untuk dukung pariwisata. Kami juga apresiasi industri pariwisata yang mendukung kesuksesan program Hot Deals. Mereka layak mendapatkan penghargaan,” jelasnya.

Top Sales untuk kategori Golf pun memilih 3 industri terbaiknya. Ada Palm Spring Golf & Country Club, Tering Bay Golf & Country Club, dan Indah Puri Golf & Resort. Selain fasilitas terbaik, mereka pun sukses memikat para pegolf mancanegara melalui beragam event yang digelar sepanjang musim 2019 ini. Event ini selalu dibanjiri pegolf mancanegara.

“Semua pelaku industri pariwisata di Kepri pada hakikatnya harus diapresiasi. Mereka luar biasa. Kami berharap, Hot Deals Programme Awarding Night 2019 bisa menginspirasi semuanya untuk bekerja lebih optimal. Sebab, mereka sendiri yang merasakan manfaatnya selain masyarakat luas tentunya,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kepulauan Riau Buralimar.

Sebanyak 3 nama juga terpilih sebagai Top Sales for Tours & Travel Category. Sebut saja Nusajaya Indofast Tour & Travel, Eco Indo Travel, hingga PT Trijaya Travelindo. Jumlah slot sama juga diberikan bagi Top Sales for Spa Category. Industri pariwisata yang terpilih adalah Eska Wellnes Spa & Massage, Martha Tilaar Spa Express Gideon, juga Nest Family Spa.

Program Hot Deals juga memberikan penghargaan khusus bagi Ferry Operators. Penghargaan diberikan kepada 7 Ferry Operator yang menghubungkan poros Kepri menuju Singapura dan Malaysia. Operator tersebut diantaranya, Sindo Ferry, Batamfast Ferry, dan Citra Ferry. Ada juga operator Indomas Ferry, Horizon Fast Ferry, hingga Pintas Samudra Ferry.

“Apresiasi bagi program Hot Deals 2019 dan pelaku industrinya. Mereka layak mendapat penghargaan. Dengan program ini, pergerakan wisman semakin bagus di Kepri. Wisatawan asal Singapura menjadi kontributor besar dan naik 12% di tahun ini. Kami optimistis, arus wisman di 2020 makin kompetitif,” terang Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional I Kemenparekraf Dessy Ruhati.

Program Hot Deals 2019 melibatkan 316 pelaku industri pariwisata. Mereka lalu memasarkan beragam produk pariwisata dalam 360 paket. Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenparekraf Rizki Handayani mengungkapkan, industri pariwisata di Kepri masih bisa mendorong pergerakan wisman lebih besar di masa mendatang.

“Kami ucapkan selamat kepada Top Sales penerima penghargaan Hot Deals 2019. Apa yang mereka lakukan sangat luar biasa. Dengan kapasitas yang dimilikinya, mereka bisa mendorong arus wisman lebih besar di masa mendatang. Apalagi, banyak destinasi di Kepri semakin populer di mancanegara,” tutup Rizki.(*)

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *