50 Ha Lahan di Bengkulu Selatan Rasakan Manfaat RJIT Kementan

27 0

BENGKULU – Kementerin Pertanian melalui Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) melaksanakan kegiatan Rehabilitasi Jaringan Irigasi Tersier (RJIT) di Kecamatan Seginim, Kabupaten Bengkulu Selatan. Aliran dari RJIT ini mampu mengairi lahan seluah 50 Hektare (Ha).

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan kegiatan RJIT berdampak sangat positif. Oleh karena itu, perlu peran dari poktan atau gapoktan untuk menjaganya.

“Keberadaan air sangat dibutuhkan oleh pertanian. Oleh karena itu, Kementerian Pertanian melakukan kegiatan seperti RJIT, untuk memperbaiki atau memaksimalkan saluran air di irigasi. Harapan kita, petani yang tergabung dalam poktan atau gapoktan bisa sama-sama menjaganya. Agar produksi pertanian tidak terganggu,” tutur Mentan SYL, Selasa (25/08/2020).

Hal yang sama disampaikan Dirjen PSP Kementerian Pertanian Sarwo Edhy. Menurutnya kegiatan RJIT merupakan kegiatan perbaikan atau penyempurnaan serta peningkatan fungsi jaringan irigasi.

“Untuk mendukung produktivitas pertanian di Bangkulu Selatan, khususnya di Desa Darat Sawah, Kecamatan Seginim. Kita berharap RJIT yang dibangun ini bisa dimanfaatkan bersama-sama untuk meningkatkan produktivitas,” tuturnya.

Kegiatan RJIT di Kecamatan Seginim, Bengkulu Selatan, dipercayakan kepada Poktan Bangun Bersama. Sarwo Edhy menambahkan, jika dikelola dengan baik RJIT bisa membantu meningkatkan indeks pertanaman di Bengkulu Selatan.

“RJIT yang dibangun ini memiliki panjang 61,40 meter dan dapat mengairi 50 hektare lahan sawah. Kita berharap indeks pertanaman juga meningkatkan. Sehingga produktivitas juga bisa terus berkembang dan meningkat. Dan ini tentunya akan berimbas positif untuk pendapatan dan kesejahteraan petani,” pungkas Sarwo Edhy. (*)

Related Post

Foto : Istimewa

Ketua Poktan di Tapin Ikut PLEK IPDMIP

Posted by - 16 September 2020 0
DESTINASIDIGITAL.COM//TAPIN – Sebanyak 20 kelompok tani dan penyuluh swadaya beserta istri se-Kabupaten Tapin mengikuti kegiatan Pelatihan Literasi dan Edukasi Keuangan…

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *