Ada Open House Sultan HB X, Liburan di Yogyakarta Makin Oke

184 0

YOGYAKARTA – Mengisi Libur Lebaran di Yogyakarta memang selalu mengasyikkan. Apalagi, Pemerintah Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta kembali mengadakan open house syawalan. Tentunya bersama Gubernur dan Wakil Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X dan Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo Paku Alam X.

Agenda open house syawalan akan berlangsung Senin, 10 Juni 2019. Lokasinya bertempat di Kompleks Kantor Gubernur – Wakil Gubernur Yogyakarta di Bangsal Kepatihan, Yogyakarta.

Kepala Biro Umum Humas dan Protokol Sekretaris Daerah Istimewa Yogyakarta, Imam Pratanadi mengatakan, acara yang digelar setiap tahun ini mampu menyedot perhatian masyarakat Yogyakarta, wisatawan domestik, sampai mancanegara. Masyarakat yang datang mencapai ribuan orang dan mengantre untuk dapat bertemu dan berjabat tangan dengan Gubernur dan Wakil Gubernur Yogyakarta.

“Saat ini seluruh persiapan open house telah dilakukan untuk menyambut masyarakat yang berniat syawalan dengan Gubernur dan Wakil Gubernur. Kami juga menyediakan jamuan makanan yang dapat dinikmati masyarakat dan wisatawan,” kata Imam, Jumat (31/5).

Jumlah sajian kuliner yang disajikan pun luar biasa. Panitia menyediakan sekitar 4.000 porsi kuliner yang siap dinikmati pada saat open house berlangsung. Menunya pun istimewa. Mulai dari soto ayam, nasi liwet, mie rebus, mi goreng, aneka jenang, serta minuman teh dan air mineral.

Imam mengingatkan agar masyarakat yang ingin mengikuti syawalan mematuhi tata tertib. Beberapa aturan yang disyaratkan adalah wajib mengenakan busana yang rapi dan sopan dan tertib mengantri. Panitia juha menyediakan tempat penitipan tas demi kenyamanan pelaksanaan acara.

“Meski ada tempat penitipan tas, kami mengimbau tak perlu membawa barang. Selain itu masyarakat dan wisatawan juga dilarang berfoto selfie saat berada di atas bangsal demi kelancaran bersama,” pungkasnya.

Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran I Regional II Adella Raung menyambut baik open house yang dilakukan pemerintah DI Yogyakarta. Karena acara ini menjadi bentuk penguatan atraksi wisata yang unik dan menjadi nilai lebih dari pariwisata DI Yogyakarta. Apalagi DI Yogyakarta merupakan salah satu daerah tujuan wisata unggulan pariwisata Indonesia.

“Ini merupakan contoh konkrit kuatnya seluruh stakeholder pariwisata DI Yogyakarta dalam memajukan pariwisata. Mereka tau betul bagaimana men-create sebuah event yang menarik. Apalagi moment Lebaran menjadi momentum kembalinya para perantau ke tanah kelahiran,” ujar Adella yang diamini Kepala Bidang Pemasaran Area I Jawa Wawan Gunawan.

Bagi Wawan, pesona DI Yogyakarta tidak bisa terbantahkan. Keraton Jogja menjadi magnet yang tak terpisahkan dari pariwisata Jogja Dan dengan acara ini semakin memperkuat itu semua.

“Jogja itu keren. Berwisata sepertinya selalu pas jika dilakukan di Jogja. Apalagi pas di saat moment Lebaran” ujar Wawan Gunawan.

Menteri Pariwisata Arief Yahya pun ikut sumringah. Menurutnya DI Yogyakarta selalu siap menyambut wisatawan. Meski dibanjiri jutaan wisatawan pada masa libur Lebaran sekalipun.

“#PesonaMudik2019 semakin menyenabgkan di Jogja. Seluruh stakeholder pariwisata DI Yogyakarta selalu siap. Kapan lagi bertemu langsung dengan Sri Sultan Hamengkubuwono X. Apalagi sambil berwisata kuliner yang telah disiapkan. Jadi silahkan datang dan nikmati libur Lebaran di DI Yogyakarta,” kata Mantan Dirut Telkom itu. (*)

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *