Alsintan Jadi Andalan Petani Bone Untuk Pengolahan Lahan

62 0

BONE – Alat dan mesin pertanian (alsintan) menjadi andalan para petani di Bone untuk mempercepat pengolahan lahan, sekaligus menjamin ketersediaan pangan. Percepatan tanam dilakukan setelah panen raya di bulan April dan Mei.

Menurut Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Kementerian Pertanian akan terus mendorong petani untuk memaksimalkan penggunaan alsintan.

“Kita ingin membuat petani dan seluruh insan pertanian siap menyongsong era pertanian 4.0. Untuk itu, kita membutuhkan pertanian yang Maju, Mandiri, dan Modern. Pertanian yang maju itu adalah pertanian yang memanfaatkan teknologi, termasuk penggunaan alsintan,” tutur Mentan SYL, Minggu (14/06/2020).

Sementara Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan Sarwo Edhy, mengatakan tidak boleh ada alsintan yang menganggur. Semua alsintan harus digunakan untuk membantu meningkatkan produktivitas.

“Manfaatkan alsintan dengan sebaik-baiknya. Dengan menggunakan alsintan, petani akan sangat terbantu. Sebab alsintan bisa digunakan untuk mempercepat tanam, serta meminimalisir losses dan meringankan biaya usaha tani. Jadi jangan ragu menggunakan alsintan apalagi untuk meningkatkan produktivitas,” tuturnya.

Di Bone, kegiatan percepatan tanam telah dilaksanakan di lahan milik Kelompok Tani (Poktan) Mappideceng, Desa Awang Cenrana, Kecamatan Cenrana. Pada kegiatan ini petani mulai melakukan pengolahan tanah untuk pertanaman padi di lahan seluas 2 hektare (Ha), menggunakan alsintan traktor roda 4 dan roda 2. Dampaknya positif, pengerjaan pengolahan lahan lebih cepat dan tidak membutuhkan banyak tenaga.

“Biasanya kami perlu beberapa hari untuk mengolah tanah, namun dengan adanya alsintan, pengolahan lahan hanya 1 hari. Diawali dengan penggunaan traktor roda 4 untuk pembalikan tanah, sebanyak 2 kali olah. Lalu dilanjutkan dengan perataan menggunakan traktor roda 2. Ini sangat membantu kami dalam bekerja dilahan,” ungkap Ketua Poktan Mappideceng Kamaluddin.(*)

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *