Berlangsung Sukses, Iron Man 2019 Beri Pembuktian Jadi Event Sport Tourism Terbaik Indonesia

119 0

BINTAN – Gelaran Iron Man 70.3 di Bintan resmi digelar Minggu (25/8). Diikuti oleh 1200 peserta dari berbagai negara, ajang ini menjadi salah satu event sport tourism terbaik di Indonesia. Saking kerennya, Iron Man pun masuk dalam lima besar kompetisi teratas di kategori “Most Valuable Tourism Event” di Indonesia.

“Keunggulan dari pelaksanaan Iron Man adalah keberlanjutan. Tanggalnya selalu tepat, itu yang membuat event ini disukai banyak orang bahkan diakui dunia. Ini menjadi aset yang bagus bagi pariwisata Indonesia,” kata Ketua Tim Pelaksana Calendar of Event (CoE) Kementerian Pariwisata Esthy Reko Astuty.

Bagi Bintan, acara tersebut merupakan prestasi ciamik yang patut diacungi jempol. Pasalnya, destinasi yang juga masuk ke dalam wilayah destinasi crossborder tanah air itu sukses menjadi tuan rumah yang baik. Kemasan acara pertandingan pun selalu menarik. Konsepnya selalu diperbaharui dengan berbagai terobosan.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani, mengatakan bahwa suksesnya acara tersebut menunjukkan bahwa popularitas Iron Man sudah mendunia. Lebih dari itu, Bintan dikenal sebagai destinasi lengkap yang layak dikunjungi wisata keluarga.

“Iron Man ini potensinya dahsyat. Dia bisa menciptakan image bahwa Bintan (adalah) destinasi yang lengkap dan cocok untuk didatangi bersama keluarga. Baik bagi wisatawan mancanegara maupun wisatawan nusantara. Karena setiap peserta pasti membawa keluarga, jadi Iron Man ini bisa kita sebut dengan Bintan Family Tourism,” ucap Rizki.

Terpisah Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bintan Wan Rudy Iskandar mengatakan, Bintan memiliki berbagai syarat yang harus dimiliki satu destinasi. Mulai dari aksesibilitas, amenitas, hingga atraksi. Semuanya pun telah berstandar dunia, sehingga wisatawan nyaman.

“Destinasi kita sangat lengkap, dengan fasilitas kelas dunia. Kita punya lapangan golf, resort kita yang lengkap. Jadi wisatawan tak perlu ragu membawa keluarga. Semua happy dengan alam yang asli dan tidak dimilliki negara lain. Kita punya keindahan alam yang bisa kami persembahkan lewat Iron Man,” kata dia.

Menteri Pariwisata Arief Yahya pun memuji konsistensi Bintan menggelar Iron Man. Kini Iron Man telah menjadi rujukan terbaik bagi penyelenggaraan sport tourism serupa. Bukan hanya di Indonesia tetapi juga di dunia.

“Iron Man itu selalu keren, beken, paten. Menjadi magnet yang menguntungkan bagi pariwisata Bintan. Dampaknya luas baik langsung maupun tidak langsung. Ini adalah salah satu aset atraksi terbaik yang Indonesia miliki. Selamat atas kembali suksesnya penyelenggaraan Iron Man 70.3 Bintan,” tutup Menteri asal Banyuwangi itu.(***)

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *