Berprestasi dan Potensial, SMRC Sebut Jokowi Makin Percaya Airlangga

21 0

JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memang figur lengkap. Sarat prestasi dan memiliki ‘power, besar karena menjadi Ketua Umum Partai Golkar. Dengan track seperti itu, wajar bila Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan kepercayaan besar.

“Kepercayaan Jokowi kepada Airlangga terlihat sangat jelas. Jokowi terlihat sangat nyaman bekerjasama dengan Airlangga. Visi mereka relatif sama. Sejauh ini, visi Presiden Jokowi bisa diimplementasikan dengan baik oleh Airlangga,” ungkap Peneliti Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Saidiman Ahmad.

Kepercayaan Jokowi kepada Airlangga memang tidak lepas dari prestasinya. Airlangga mampu mengimplementasikan pembangunan ekonomi melalui perubahan mendasar melalui penyederhanaan perizinan. Implementasinya dengan online single submission (OSS) yang berbasis risiko. Sistem ini mempermudah perizinan usaha secara online satu pintu.

Prestasi lainnya adalah kemampuan Airlangga mengeluarkan Indonesia dari status resesi. Sebab, perekonomian Indonesia mampu tumbuh 7,07% sepanjang Kuartal II/2021. Indonesia masuk status resesi karena membukukan pertumbuhan ekonomi Kuartal II/2021 sebesar negatif 5,32%.Kinerja perekonomian Indonesia kemudian mengalami perbaikan pada Kuartal III/2020 dengan capaian minus 3,49%.

Perbaikan pun masih terjadi pada Kuartal IV/2020 dengan raihan ekonomi minus 2,19%. Catatan minus juga masih muncul pada Kuartal I/2021 dengan angka negatif 0,74%. Lalu, lesatan terjadi pada Kuartal II/2021 dengan plus 7,07%. “Pembangunan Indonesia sangat fundamental. Keluar dari resesi jadi prestasi fundamental dalam pembanguan ekonomi,” kata Saidiman.

Selain prestasi, Airlangga memang memiliki power dan pengaruh besar bersama Partai Golkar. Sebab, kader dan massa Partai Golkar tersebar merata di semua daerah. Partai Golkar juga didukung oleh massa besar. Saidiman menerangkan, Partai Golkar piawai dalam mendukung kebijakan pemerintah.

“Kepemimpinan Airlangga membuat Partai Golkar sangat solid. Hal ini jadi modal politik yang penting bagi presiden. Apalagi, Golkar dikenal sebagai partai yang lincah dan piawai mendukung agenda-agenda kebijakan pemerintah di Parlemen,” terang Airlangga lagi.

Saidiman juga mengakui, kombinasi profesionalitas kerja Airlangga dan kekuatan politik besar menjadikan posisinya sulit tergantikan. Melihat rekam jejak dan modal politik yang tersedia, Airlangga sangat besar kemungkinan mendapatkan dukungan politik dari Jokowi.

“Capaian pembangunan oleh pemerintahan Jokowi memang perlu dilanjutkan. Airlangga memiliki modal politik dan rekam jejak profesional yang sangat memadai untuk melanjutkan kerja-kerja Jokowi,” tutupnya.(***)

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *