Bersama 10 Rumah Aman, Jatipura Gulirkan Program Vitamin C

52 0

CIREBON – Tangkal pandemi Covid-19, program Vitamin C kembali digulirkan di Cirebon. Bersama 10 Rumah Aman, daya tahan tubuh warga Desa Jatipura, Susukan, Kabupaten Cirebon, dinaikan. Mereka optimistis lingkungan sekitarnya tetap masuk sebagai zona hijau pandemi Covid-19. Apalagi, protokol kesehatan pemerintah juga dijalankan secara serius berkelanjutan.

“Kami tetap bergotong royong menangkal pandemi Covid-19. Lingkungan tetap kami jaga, termasuk kebugaran fisik warga. Untuk menambah daya tahan tubuh, kami gulirkan program Vitamin C untuk warga. Dengan begitu, warga tetap sehat dan terus terbebas dari infeksi Covid-19,” ungkap Kepala Desa Jatipura Wawan Uswandi, Sabtu (16/5).

Semakin menginspirasi, Vitamin C yang dibagikan merupakan hasil swadaya warga dari Desa Jatipura. Mereka memiliki kepedulian tinggi. Tetap mengulurkan tangan, meski kondisi perekonomian terpuruk akibat Covid-19. Program Vitamin C ini sudah dijalankan 2 kali. Wawan menambahkan, warga memiliki tekad bulat di dalam menjaga wilayahnya dari potensi infeksi Covid-19.

“Masyarakat di sini sangat peduli terhadap Covid-19. Meski kondisi sulit, mereka tetap tergerak untuk memberikan bantuan dana pengadaan Vitamin C. Sejauh ini sangat lancar, apalagi masyarakat mengerti manfaat dari Vitamin C,” lanjut Wawan.

Menjadi antioksidan, Vitamin C sangat dibutuhkan oleh tubuh. Vitamin C atau familiar sebagai asam askorbat sangat penting mendukung perbaikan sel tulang, gigi, hingga kulit. Vitamin C juga berperan sebagai antibodi dari berbagai infeksi dan membantu penyerapan zat besi. Luka juga akan cepat sembuh dengan memakai Vitamin C tersebut sebagai medianya.

“Manfaat Vitamin C bagi tubuh sangat besar. Untuk kebutuhannya terus dipenuhi. Selain dari program tersebut, kami tetap mengimbanginya juga dengan mengonsumsi buah. Yang jelas, kami berterima kasih kepada 10 Rumah Aman dan warga selalu berpartisipasi dalam setiap kegiatan penanganan Covid-19,” terang Wawan.

Apresiasi bagi beragam elemen masyarakat Desa Jatipura. Mereka memberikan tenaga, pikiran, dan materinya untuk memastikan lingkungan Desa Jatipura tetap hijau Covid-19. Elemennya terdiri dari BPD Desa Jatipura Ami Supriyanti hingga Danramil Susukan dan Kapolsek Susukan. BPD Desa Jatipura Ami Supriyanti menyatakan, aspek teknis dan non teknis penanganan Covid-19 dijalankan seluruhnya.

“Semua bekerja keras di sini. Kami tertolong oleh sikap masyarakat yang sangat kooperatif. Mereka ini menaati dan menjalankan seluruh protokol kesehatan. Kami semua solid di sini. Kami optimistis bisa segera menjalani kehidupan normal seperti sedia kala,” kata Ami.

Melengkapi asupan Vitamin C, beragam treatment protokol kesehatan pun dijalankan masif. Memiliki jumlah penduduk 3.430 Jiwa, aktivitas pembagian Masker pun sudah dijalankan. Sedikitnya ada 2.500 Masker yang sudah didistribusikan kepada masyarakat. Mereka juga rutin melakukan pencatatan suhu tubuh hingga penyemprotan disinfektan.

“Kami apresiasi inisiatif masyarakat yang memenuhi kebutuhan asupan vitaminnya secara bergotong royong. Sudah seharusnya mereka bersikap begitu. Peka dan berempati terhadap lingkungannya. Untuk mengimbangi penanganan Covid-19, masyarakat juga tetap bahu membahu secara ekonomi. Silahkan kembangkan home industri,” tutup Kepala Staf Presiden Moeldoko.(*)

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *