Dari Danau Toba, Peserta Famtrip Media India Nikmati Sunrise di Borobudur

110 0

MAGELANG – Usai berkeliling Danau Toba, Famtrip Media India berpindah ke Destinasi Super Prioritas lain. Tepatnya Borobudur, Jumat (30/8). Para peserta famtrip langsung disuguhkan golden sunrise dari Candi Borobudur.

Peserta Famtrip Media India tiba di Yogyakarta, Kamis (29/8). Mereka menginap di The Phoenix Hotel, Yogyakarta. Hotel yang kental dengan nuansa tradisional Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

“Sunrise di Borobudur sangat bagus. Suasananya sangat ramai. Ini menjadi experience luar biasa, apalagi Candi Borobudur ini luar biasa. Suasananya sangat khas,” ungkap Travelliker Wanderink Thommen Jose yang baru kali pertama mengunjungi destinasi tersebut.

Demi mendapat momentum terbaik, wisatawan sudah berkumpul di Manohara, Komplek Wisata Candi Borobudur, sejak pukul 03.30 WIB. Segarnya udara pagi semakin memacu semangat. Sesampainya di puncak candi, mereka berkumpul di sisi timur zona Arupadhatu.

Peserta famtrip pun terlihat sabar menunggu momentum terbitnya matahari. Total, ada sekitar 150 wisatawan yang menikmati sunrise Borobudur. 90% diantaranya adalah wisman dari berbagai negara. Diantaranya dari India, Prancis, Jerman, Tiongkok, Korea Selatan, juga Jepang.

“Sunrise di Candi Borobudur memang sudah terkenal keindahannya. Setiap harinya pergerakan wisman di sangat sangat kompetitif. Sama seperti negara lain, kami mengundang wisatawan India untuk datang langsung ke Borobudur. Buktikan sendiri keindahan sunrise-nya,” terang Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran II Kementerian Pariwisata Nia Niscaya.

Penantian peserta famtrip dan wisatawan pun terbayarkan pukul 06.15 WIB. Golden sunrise Borobudur yang dinantikan muncul. Bentuknya bulat dengan sinarnya yang keemasan. Keindahan tersebut lalu larut bersama megah dan eksotisnya bangunan candi. Puncak-puncak runcing stupa Candi Borobudur ini ikut menambah kesan artistiknya.

Momentum ini tidak dilewatkan. Seluruh wisatawan pun langsung membidikan kameranya. Mulai dari kamera DSLR hingga handphone bersaing mengabadikan golden sunrise Borobudur. Mulai dari sekedar selfie atau berfoto bersama, ada juga wisatawan yang berpose beberapa gerakan di dalam yoga.

“Golden sunrise Borobudur sangat indah dan khas. Kalau ingin memproduksi konten terbaik, silahkan datang ke Borobudur dan mengambil paket wisata sunrise atau sunset. Dijamin, konten yang diunggah ke media sosial akan mendapatkan banyak like dan comment positif,” lanjut Nia lagi.

Borobudur memang menyediakan paket Borobudur Sunrise atau Sunset. Banderolnya Rp475 Ribu bagi wisman dewasa, dan Rp350 Ribu bagi wisnus. Anak-anak hanya dikenakan harga paket Rp250 Ribu bagi paspor asing. Untuk lokal Rp185 Ribu. Harga tersebut sudah termasuk breakfast bagi Sunrise, lalu dinner untuk Sunset. Ada juga souvenir menarik.

“Golden sunrise Borobudur memang sangat mendunia. Sangat indah. Wisatawan yang berada di sekitar Borobudur pasti akan merapat ke sana. Selain sunrise atau sunset, wisatawan juga bisa menikmati kemegahan Candi Borobudur. Pokoknya ada beragam aktivitas dan experience di sana,” tegas Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran II Regional III Kementerian Pariwisata Sigit Wicaksono

Paket lain yang tersedia adalah Borobudur Manoraha Package. Paket ini dibanderol Rp400 Ribu bagi wisman dewasa, lalu Rp200 Ribu untuk wisnus.

Ada juga paket wisata VW Borobudur Tour. Untuk paket Short Trip dihargai Rp400 per mobil dengan 2 destinasi. Durasinya 2-2,5 Jam. Penawaran lainnya kategori Medium Trip dengan banderol Rp500 Ribu per mobil. Paket ini menawarkan 3 destinasi dengan rentang waktu 3,5-4 Jam. Untuk paket Long Trip dihargai Rp650 Ribu per mobil dengan 4 destinasi plus waktu eksplorasi 5-6 Jam.

“Destinasi Candi Borobudur sangat ideal ditawarkan bagi market India. Konten yang dimilikinya sangat kuat, termasuk golden sunrise Borobudur. Segera atur perjalanan menuju Borobudur lalu nikmatilan sensasi golden sunrise atau sunset khas Borobudur,” tegas Kabid Area I Regional III Kemenpar Pupung Thariq Fadhillah.

Pujian disampaikan Menteri Pariwisata Arief Yahya.

“Borobudur sangat luar biasa. Sunrise, sunset, dan aktivitas lainnya sangat menarik. Semuanya ini bisa dinikmati langsung oleh wisatawan. Kami merekomendasikan Borobudur lengkap dengan beragam paket wisatanya kepada seluruh wisatawan,” tutup Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya yang juga Menpar Terbaik ASEAN saat mendampingi kunjungan kerja Presiden Joko Widodo di Borobudur.(**)

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *