Dibantu Alsintan, Pertanian Karawang Diharapkan Lebih Maksimal

25 0

KARAWANG – Sektor pertanian di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, diharapkan bisa lebih maksimal untuk meningkatkan produktivitas. Terlebih, Karawang mendapatkan bantuan berupa sejumlah alat dan mesin pertanian.

Bantuan alsintan tersebut diantaranya adalah Traktor Roda 2 dan Traktor roda 4 untuk pengolahan lahan.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo berharap bantuan alsintan ini bisa dimaksimalkan petani.

“Alsintan sangat efektif untuk membantu petani meningkatkan produktivitas. Karena, alsintan bisa mengurangi losses. Oleh karena itu, kita berharap petani bisa memanfaatkannya,” katanya.

Sementara Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian, Ali Jamil, menjelaskan jika Indonesia sudah harus menerapkan pertanian modern.

“Salah satu ciri pertanian modern adalah pemanfaatan alsintan. Banyak keuntungan yang didapat petani dengan memanfaatkan alsintan. Diantaranya biaya produksi bisa ditekan karena tidak melibatkan banyak orang. Alsintan juga bisa membantu percepatan tanam dan panen, sehingga pekerjaan menjadi efektif dan efisien,” jelasnya.

Direktur Alsintan Ditjen PSP Kementan, Andi Nur Alamsyah, menjelaskan hal serupa.

“Alsintan sangat bermanfaat. Misalnya untuk mengolah lahan. Dengan cara konvensional, mengolah lahan membutuhkan waktu berhari-hari dengan melibatkan sejumlah orang. Tapi dengan alsintan berupa traktor, olah lahan hanya butuh beberapa jam dengan seorang operator saja,” terangnya.

Terpisah, Bupati Karawang, Cellica Nurachadiana, berharap bantuan tersebut dapat bermanfaat untuk petani Karawang.

“Harapan kami tentunya bantuan ini dapat digunakan untuk bersama-sama bergabung dalam layanan unit usaha sehingga dapat bergerak terus dan bermanfaat bagi kelompok tani yang lainnya,” ujarnya.

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *