Diikuti 300 Peserta, Bike to Sunset Siap Jelajahi Keindahan Nongsa

159 0

DESTINASIDIGITAL.COM, BATAM – Jelang event Bike to Sunset, pendaftaran masih terus dibuka. Data terakhir, total peserta tercatat sebanyak 300 orang. Masih kurang 200 peserta dari target partisipan sebanyak 500 orang. Selain pesepeda lokal, sudah ada pendaftar asal Malaysia, Singapura, dan India. Panitia juga sudah melakukan pengecekan rute yang akan dilewati nanti.

Marketing Communication Manager Montigo Resorts Lusia Rike mengatakan, semua persiapan sudah matang. Tinggal menunggu hari ‘H’ pelaksanaan kegiatan, yakni tanggal 17 Maret nanti. Rasanya tak sabar ingin segera menggoes sepeda menikmati sore di Nongsa.

“Seperti yang kita janjikan, peserta akan melewati jalur-jalur unik di kawasan Nongsa. Kita akan bersepeda santai sembari menikmati matahari terbenam. Itu akan menjadi moment yang menyenangkan,” ujarnya, Rabu (13/3).

Bike to Sunset akan mengajak peserta menjelajah alam Nongsa sepanjang lebih kurang 15 Km, mulai pukul 15.30 hingga 17.00 WIB. Rutenya antara lain Sand Park, Teluk Mata Ikan, Jembatan Hang Lekiu, dan Nongsa Ferry Terminal. Pesertanya sendiri antara lain pecinta sepeda internasional, komunitas sepeda lokal, dan karyawan Montigo Resorts.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizky Handayani menjelaskan, Nongsa adalah sebuah wilayah kecamatan yang terkenal dengan wisata pantainya. Beberapa pantai yang terkenal antara lain Pantai Nongsa, Pantai Maimun, Pantai Tanjung Bemban, dan Pantai Sekilak. Ada pula sejumlah resort yang menjadi tujuan wisatawan domestik dan manca negara, salah satunya Montigo Resorts.

“Banyak hal yang bisa dilakukan di sini, baik sebelum dan sesudah kegiatan. Sebelum Bike to Sunset dimulai, peserta bisa bermain jetski, 4WD atau mengendarai ATV. Semua disediakan oleh pihak resort. Sementara esok harinya sesudah kegiatan, peserta bisa juga mengunjungi destinasi wisata atau bermain golf di sekitar resorts,” terangnya.

Asdep Bidang Pemasaran I Regional I Kemenpar Dessy Ruhati mengungkapkan, bersepeda menjadi aktivitas menyehatkan sekaligus hiburan karena bisa dilakukan bersama keluarga tercinta. Terlebih, Bike to Sunset menyediakan hadiah yang tak sedikit. Jadi tidak ada alasan untuk tidak mendaftar.

“Panitia akan melakukan 3 kali cek point pada seluruh peserta. Cek point pertama di Simpang Tiga Teluk Mata Ikan, cek point kedua di Simpang Tiga SMPN 8, dan cek point ketiga di Simpang Tiga Montigo Resorts,” bebernya.

Usai kegiatan, seluruh peserta akan berkupul di Montigo Resorts untuk menikmati hiburan dan perayaan. Nantinya akan ada game, doorprize dan pengumuman pemenang. Selain itu, peserta juga akan dihibur dengan musik-musik enerjik yang menghentak, yang dibawakan disc jokey (DJ).

Menteri Pariwisata Arief Yahya menuturkan, sport tourism menjadi salah satu potensi wisata yang dikembangkan Kemenpar. Tak jauh beda dengan jenis wisata lain, sport tourism diyakini mampu menarik banyak pengunjung. Bahkan mendatangkan wisatawan mancanegara.

“Sport tourism sudah dikembangkan beberapa daerah di Indonesia. Sebagian diantaranya masuk Calender of Event (CoE) Kemenpar 2019. Kita berharap Bike to Sunset juga semakin berkembang dan menjadi daya tarik wisatawan mancanegara,” ucapnya.

Terlebih, Nongsa adalah bagian dari Kepulauan Riau yang selama ini digadang-gadang memiliki potensi besar untuk mendongkrak kunjungan wisatawan mancanegara. Terutama wisatawan perbatasan (crossborder tourism), khususnya dari negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura.(*)

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *