Dorong Pariwisata Berbasis Go Green, Disbudpar Bogor Gelar Pelatihan KLSPS

38 0

BOGOR – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bogor menggelar Pelatihan Kebersihan Lingkungan, Sanitasi dan Pengelolaan Sampah (KLSPS) di Destinasi Pariwisata Kabupaten Bogor. Pelatihan yang diselenggarakan pada 14-16 Juni 2021 di Agrowisata Gunung Mas, Puncak, Cisarua diikuti oleh 50 orang peserta.

Plt Kadisbudpar Melly Kamelia menjelaskan, kegiatan ini bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Tahun Anggaran 2021. Melly menjelaskan, kegiatan ini bertujuan agar para pengelola usaha pariwisata lebih memahami dan peduli terhadap kebersihan lingkungan, sanitasi dan pengelolaan sampah sesuai standar, sehingga lingkungan akan lebih lestari, indah serta asri dan  ekosistem terjaga.

“Kami berharap output dari kegiatan ini lingkungan akan terbebas dari sampah yang berserakan dan menjadikan sampah berguna bagi kehidupan manusia,” kata Melly saat membuka acara, Senin, (14/6/2021).

Pada hari kedua kegiatan, Melly menuturkan jika peserta akan diajak praktik lapangan untuk melihat langsung Daerah Tujuan Wisata (DTW) yang sudah terlebih dahulu mengelola sampah dengan baik. “Diharapkan setelah mengikuti pelatihan ini peserta akan mampu menjadikan destinasi wisata lebih menarik, berdaya saing dan go green,” tutur Melly.

Melalui kegiatan ini juga Melly berharap ke depannya seluruh destinasi wsata di kawasan Bogor telah memiliki sertifikat Cleanliness, Health, Safety and Environmental). “Dengan telah memiliki sertifikat CHSE kami berharap hal ini sebagai salah satu bentuk komitmen bersama dan peningkatan kepercayaan wisatawan untuk kembali berwisata di Kabupaten Bogor,” tegas dia.

Pada kegiatan tersebut, peserta mendapatkan materi dari narasumber berkompeten seperti SKPD pengelola lingkungan DLH, akademisi di bidang lingkungan dari UNB, Poltek Kent dan Wana Wisata Curug Cilember sebagai unsur praktisi pariwisata.(***)

Related Post

4 Negara Meramaikan Jelajah Borneo 2019

Posted by - 1 Desember 2019 0
KALIMANTAN – Keindahan alam Kalimantan dieksplorasi dalam Jelajah Trans Borneo (Malaysia-Indonesia),The Last Frontiers. Event ini diikuti peserta dari 4 negara,…

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *