Dosen Poltekpar Makassar dapat Pembekalan Pengelolaan Hotel Era Digital

149 0

JAKARTA – Peningkatan kualitas tenaga pengajar turut diperhatikan Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Makassar. Buktinya, sebanyak 15 dosen/pengajar kampus pariwisata itu disertakan dalam FGD & Pelatihan Pengelolaan Hotel di Era Digital, Selasa (17/12/2019) di Hotel Swiss-Belrecidences, Kalibata Jakarta.

Para dosen juga mengikuti pelaksanaan industrial visit dan FGD/sharing dengan praktisi perhotelan. Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari, 17-19 Desember 2019. Materi yang dibahas adalah human resources, cost and finance controlling, dan sales and marketing. Ketiga topik/materi dibawakan oleh masing-masing department head terkait, HRM Pepen Gustmiaji, Finance Controller, Sales & Marketting Director Ega Dwikaputri.

Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kemenparekraf Ni Wayan Giri Adnyani, menyambut baik inisiatif ini. Wayan Giri menilai kegiatan ini bagus buat mengembangkan pengetahuan para pengajar.

“Kegiatan ini merupakan program pengembangan kapasitas dosen. Salah satu upaya yang ditempuh adalah mengirim dosen ke industri pariwisata, khususnya hotel. Jadi mereka bisa melihat langsung proses yang terjadi dalam industri pariwisata,” paparnya.

Metode pelatihan dilakukan dengan role play, FGD, panel antarpemateri, simulasi dan visit on the spot. Di ruang diskusi juga dilakukan praktik langsung dengan sistem yang mereka gunakan, yaitu Power Pro Hotel System.

“Sistemnya ini menjamin akuntabilitas dan konektivitas antardepartmen yang ada di hotel. Seluruh proses MICE atau banquet order disimulasikan, baik berasal dari sales maupun dari reservasi yang masuk. Para dosen mendapat gambaran utuh mengenai industri pariwisata. Khususnya perhotelan,” jelasnya.

Kegiatan ini didukung penuh manajemen Swiss-Belresidences, Kalibata, Jakarta. Dalam seremoni pembukaan seluruh jajaran manajemen hotel hadir, mulai GM (Wita Junifah) sampai head department. Mereka bukan hanya hadir, GM nya banyak berbagi pengalaman dalam mengelola hotelnya.

Mereka yang hadir dan memberikan pengatuan serta mepangalamannya adalah General Manager Swiss-Belresidences Wita Junifah, Director of Sales & Marketting Ega Dwika Putri, Finance Controller Dede Fahruroji, HRM Pepen Gustamaji, Exec. Housekeeer Bayu Chandra, FOM Priantono Aries, FBM Joni Sadaka, Exec. Chief Eng Arnoldus Umbu, dan Exec. Chef Troy DM). Semua hadir dan membagi pengalamannya.

Pada akhir setiap sesi dilanjutkan dengan pendalaman simulasi dengan mendatangi outlet. Ada yang ke sales and marketting, e-comerce, HRD, accounting, FB service, FB product. Masing2 peserta melanjutkan diskusinya di outlet tersebut, sekaligus melihat sistem, aplikasi, dan metode kerja yang mereka gunakan.(*)

Related Post

Mahasiswa Poltekpar Medan Dapat Bekal Menulis

Posted by - 25 September 2019 0
MEDAN – Sejumlah mahasiswa Politeknik Negeri Pariwisata (Poltekpar) Medan mendapatkan bekal menulis. Tepatnya dalam Forum Komunikasi dan Koordinasi Media, Selasa…

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *