Festival Lembah Ijen 2020 Awali Rangkaian Atraksi di Banyuwangi

72 0

BANYUWANGI – Kabupaten Banyuwangi langsung menggenjot sektor pariwisata diawal tahun 2020. Dari 123 festival yang akan dihelat sepanjang tahun 2020, satu diantaranya telah digelar pada 1 January 2020, yaitu Festival Lembah Ijen.

Gerak cepat Banyuwangi yang memanfaatkan momentum Tahun Baru untuk menggenjot pariwisata, mendapat apresiasi Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenparekraf Rizki Handayani.

Menurut Rizki, Hal yang dilakukan Banyuwangi sangat menarik. Karena menggelar event saat seluruh wisatawan dalam euforia malam pergantian tahun.

“Strategi yang bagus. Karena Kita semua sedang dalam suasana liburan. Dan Banyuwangi memberikan atraksi liar biasa buat wisatawan yang datang kesana,” papar Rizki, Jumat (3/1/2020).

Menurut Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Ana’s, Festival Lembah Ijen 2020 mengambil tajuk ‘Pewaris Sang Legenda Gandrung’.

“Berbeda dari bulan-bulan sebelumnya, penyelenggaraan kali ini begitu spesial berkat penampilan dari para maestro Gandrung Banyuwangi, diantaranya gandrung Poniti, Temumisti, Dartik, Supinah, dan Sunasih,” paparnya.

Festival Lembah Ijen 2020 diselenggarakan pengelola Taman Gandrung Terakota. Tujuannya untuk merawat dan meruwat tari Gandrung Banyuwangi.

Taman Gandrung Terakota sendiri adakah sebuah ‘situs rawat ruwat’ seni budaya, dalam suatu kawasan Jiwa Jawa ljen yang digagas oleh Sigit Pramono. Bukit hijau dan hamparan sawah yang didalamnya dapat kita temui galeri seni rupa, amfiteater, dan tentu saja ribuan Terakota yang berbentuk sosok penari gandrung.(***)

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *