Genjot Destinasi Super Prioritas, Kemenparekraf Ajak TA/TO Eksplorasi Keindahan Manado-Likupang

417 0

MANADO – Keindahan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Likupang, Sulawesi Utara, tidak bisa dibantah. Untuk memperkenalkan destinasi super prioritas di Indonesia untuk lebih luas lagi, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengajak travel agent/tour operator (TA/TO) mengeksplorasi Likupang melalui familiarization trip (Famtrip), 8-12 Juni 2022.

Peserta Famtrip sangat spesial kali ini diikuti oleh para pengurus inti atau petinggi dari Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo) dan Association of The Indonesian Tour & Travel Agencies (Asita). Mereka adalah, Pauline Suharno Direktur Elok Tour Jakarta yang juga Ketua Umum DPP Astindo, Hanley Budiman Direktur Cliowisata Jakarta yang juga Kabid IT DPP Astindo.

Kemudian Theodorus Primaxylxla Jodimarlo Direktur Joditama Leisure Bandung dan DPD Astindo Jabar, Roy Oktavian E Direktur Gracindo Tours Surabaya dari DPD Astindo Jatim, serta Maya Sofina Managing Director Anugrah Wisata Jakarta yang juga DPD Astindo DKI.

Peserta lainnya adalah Masrura Ram Idjal Owner PT Jasa Pesta Wisata Bandung dari DPD Asita Jabar, Hairani Tarigan Owner Kembang Wisata Bekasi DPD Asita Jabar, Anni Nuraini Direktur PT Tunggal Ika Mahakarya Bogor dari DPD Asita Jabar, Dadang Purnama Direktur Beringin Tour Cianjur Cianjur DPD Asita Jabar, dan Bahriyansyah Manager PT Patih Indo Permai Jakarta dari DPD Asita DKI Jakarta.

Menurut Plt Direktur Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenparekraf, Martini M Paham, kegiatan ini bertujuan mengenalkan pariwisata dan ekonomi kreatif yang ada di kawasan Manado – Likupang. Karena pemerintah pusat juga menjadikan Likupang sebagai destinasi super prioritas bersama Mandalika NTB, Labuan Bajo NTT, Danau Toba dan Borobudur Magelang.

“Kegiatan ini juga untuk membangun citra positif pariwisata dan ekonomi kreatif di kawasan Manado – Likupang, serta meningkatkan penerimaan devisa Negara dari sektor pariwisata. Kita juga akan eksplor desa wisata sebagai pembangkit ekonomi masyarakat,” tuturnya.

Wanita yang biasa disapa Diah itu menjelaskan, Likupang saat ini mulai dikenal dengan keindahan wisata pantainya. Selain pantai juga ada desa wisata, bukit bukit yang cantik dan tentunya kerajinan tangan para UMKM yang ada di Likupang yang mempesona.

Kata Diah, pantai-pantai di Likupang punya bentang pasir putih dengan laut biru yang bersih nan jernih cocok untuk
dinikmati sambil snorkeling, diving, atau sekadar bermain air dan
berjemur menikmati matahari tropis.

“Itu juga masuk ke dalam agenda explore dengan famtrip ini. Agar para TA dan TO bisa menjual ini ke para wisatawan. Famtrip itu sangat bagus, karena bisa merasakan, menikmati, mengalami dan akhirnya bercerita kepada yang lain. Selamat mengexplor Likupang bagi peserta Famtrip, “ujar Diah.

Likupang sendiri merupakan
salah satu destinasi super prioritas yang berada di Kabupaten Minahasa
Utara, Sulawesi Utara, dan berjarak 48 km dari Kota Manado.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, mengatakan kegiatan utama yang dikembangkan di KEK Manado – Likupang ada pada industri pariwisata.

“Selain pesona pesisir pantainya, Manado – Likupang menyimpan keindahan pemandangan bawah laut dengan berbagai biota dan terumbu karang. Hal ini membuat KEK Manado – Likupang cocok dijadikan resort dan wisata budaya. Ekonomi kreatifnya juga keren-keren. Sangat ikonik dan punya kearifan lokal yang hebat, “katanya.

Sandiaga membeberkan alasan pemerintah menetapkan Likupang sebagai destinasi super prioritas. Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu menuturkan daerah paling utara di Pulau Sulawesi tersebut memiliki keunggulan geoekonomi dan lokasinya dekat bandara serta pelabuhan yang memudahkan akses wisatawan.

“Keunggulan geoekonomi di Likupang yang lokasinya berdekatan dengan Bandara Internasional Sam Ratulangi dan Pelabuhan Bitung dikembangkan sebagai kawasan resort kelas premium dan kelas menengah (mid range resort) serta budaya (cultural) dan pengembangan Wallace Conservation Center,” ucap Sandiaga.

Pengembangan destinasi wisata dan pusat ekonomi kreatif di KEK Pariwisata Likupang, menurut Sandiaga, bakal mengedepankan konsep berkelanjutan dengan melibatkan peran masyarakat setempat. Sandiaga menyampaikan untuk mempercepat pengembangannya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mendukung berbagai pembangunan fasilitas infrastruktur. “Jadi kami yakin, Likupang akan bangkit, tegasnya.(*)

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *