Jaga Ketahanan Pangan, Ditjen PSP Kementan Bangun Embung di Brebes

31 0

BREBES – Upaya untuk menjaga ketahanan pangan terus dilakukan Kementerian Pertanian. Salah satunya melalui pembangunan embung seperti yang dilakukan Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) di Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes.

Menurut Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo, sektor pertanian merupakan tulang punggung bagi kebangkitan ekonomi nasional. Sektor ini mampu membuka lapangan pekerjaan secara masif dan menyerap jutaan tenaga kerja yang ada.

“Pertanian menjadi salah satu sektor yang bisa bertahan di tengah krisis. Pertanian itu adalah pilihan pasti yang bisa membuka lapangan pekerjaan,” tuturnya, Senin (17/08/2020).

Menurutnya, Kementan juga terus mengkampanyekan dan menjaga spirit kolaborasi yang baik dari semua pemangku kepentingan. Kolaborasi ini penting untuk menjaga ketahanan cadangan pangan nasional.

Sementara Dirjen PSP Kementerian Pertanian Sarwo Edhy, mengatakan salah satu upaya Kementerian Pertanian menjaga ketahanan pangan adalah dengan membangun embung.

“Salah satu permasalahan yang harus dihadapi pertanian, khususnya di musim kemarau, adalah ketersediaan air. Tanpa air, pertanian bisa terganggu. Makanya kita mengantisipasi hal ini dengan membangun embung. Sehingga, meski sedang menghadapi musim kemarau pertanian bisa terus berlangsung, produksi tetap terjaga, dan ketahanan pangan bisa tercipta,” katanya.

Dijelaskan Sarwo Edhy, salah satu embung yang dibangun Ditjen PSP di tahun 2020 ada di Desa Banjaran, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Kegiatan ini dilaksanakan Oleh Kelompok Tani Langgeng Jaya.

“Keberadaan embung di Desa Banjaran, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes, terbukti sangat efektif. Karena, bisa meningkatkan Indeks Pertanaman (IP) dari 2 menjadi 3 kali tanam pada areal seluas 180 hektare. Yang artinya, produktivitas juga akan meningkat. Dengan cara inilah ketahanan pangan bisa terjaga,” kata Sarwo Edhy lagi.(*)

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *