Jambi Sambut Pemudik 2019 dengan Destinasi Khas Andalas

262 0

JAMBI – Jambi adalah destinasi yang harus diekplorasi. Karena, memiliki alam, budaya, dan manmade yang luar biasa. Khas Pulau Andalas, sebutan untuk Sumatera. Nuansa klasik hingga kekinian yang futuristik tersaji lengkap. Dengan komposisinya, destinasi di Jambi layak sebagai #PesonaMudik2019.

“Jambi menjadi destinasi perlintasan para pemudik. Wilayah ini menjadi penghubung bagi provinsi lain yang ada di sekitarnya. Bila lelah, pemudik bisa istirahat sejenak di destinasi wisata Jambi. Sebarannya merata di setiap wilayah,” ungkap Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya yang juga Menpar Terbaik Asia Pasifik tersebut.

So, mari eksplorasi eksotisnya Andalas dari frame destinasi Jambi. Berikut disajikan Top 10 Destinasi di Jambi versi #PesonaMudik2019 Kemenpar:

1. Pedestrian Gentala Arasy

Pedestrian Gentala Arasy membentang di atas Sugai Batanghari. Jembatan tersebut diresmikan 2015. Ada banyak keunikan dari jembatan ini, seperti membentuk huruf S. Bentangannya mencapai 530 Meter. Khusus bagi pejalan kaki, di setiap ujung jembatan dilengkapi anak tangga. Setelah menjadi ikon baru, Gentala Arasy banyak digunakan publik untuk berfoto.

Background Pedestrian Gentala Arasy memang eksotis. Apalagi, di malam hari. Selain tiang dan sisi dari jembatan, ada banyak kerlip lampu kota di sekitarnya. Bagi para netizen, maka Pedestrian Gentala Arasy jadi spot terbaik menghasikan konten. Entah foto dan video keren, termasuk caption juga di dalamnya.

2. Candi Muaro Jambi

Candi Muaro Jambi menjadi komplek percandian Hindu-Buddha terluas di Asia Tenggara. Total luasan area ini sekitar 3.981 hektar. Kompleks tersebut dipercaya sebagai peninggalan Kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Melayu. Secara geografis, posisinya di Maro Sebo, Muaro Jambi, Jambi. Posisinya tepat di tepi Sungai Batanghari. Sejak 2009, kawasan ini diajukan ke Unesco sebagai Situs Warisan Dunia.

Selain bangunan candi, di area tersebut ditemukan juga kanal kuno buatan tangan manusia. Ada juga kolam tempat penampungan air dan gundukan tanah dengan struktur bata kuno. Menariknya, di dalam kompleks itu banyak dijumpai arca. Sebut saja arca Prajnaparamita, Dwarapala, Gajahsimha, dan Umpak Batu. Peninggalan lain berupa lesung batu, gong perunggu, keramik, tembikar, dan lainnya.

3. Geopark Merangin

Geopark Merangin merupakan situs purbakala. Koleksinya lengkap, seperti fosil daun, kayu, akar, dan hewan. Ada juga fosil berupa kerang-kerangan. Semua benda koleksi tersebut dipercaya sudah berumur sekitar 300 Juta tahun. Pesona destinasi ini semakin kuat karena fosil yang ada di sini sangat lengkap. Bahkan, lebih lengkap dari koleksi situs di Tiongkok dan Amerika.

Silahkan berkunjung ke destinasi Geopark Merangin. Sebab, ada aktivitas trekking di sana. Startnya biasanya dimulai dari Air Batu, Renah Pembarap, Merangin. Lalu, aktivitas lainnya adalah menikmati arung jeram sepanjang hari.

4. Gunung Kerinci

Gunung Kerinci adalah yang tertinggi di Sumatera. Posisinya menyatu dengan Bukit Barisan. Puncaknya memiliki ketinggian 3.805 mdpl. Saking tingginya, dari puncak Kerinci, siapapun bisa melihat Samudera Hindia dengan sangat jelas. Puncaknya tergolong unik karena memiliki kawah seluas 400×120 meter. Di dalam kawah terdapat air yang erwarna hijau.

Dengan alamnya yang eksotis, Gunung Kerinci menjadi destinasi pendakian terbaik di Andalas. Jalurnya bisa dimulai dari Bangko, Kota Sungaipenuh. Dengan potensinya, Gunung Kerinci kaya akan flora dan fauna. Di sini bisa diujumpai juga Rafflesia Arnoldi dan Amorphophallus Titanium. Untuk faunanya unik seperti tapir, kuskus, badak, juga gajah. Untuk primatanya seperti siamang dan gibbon.

5. Danau Kerinci

Danau Kerinci merupakan destinasi yang sangat eksotis. Luasannya mencapai 5.000 meter persegi dan posisinya 783 mdpl. Selain panoramanya, Danau Kerinci juga menawarkan banyak aktivitas. Pemudik bisa memancing, berenang, dan berkemah. Ada juga aktivitas kulineran khas Kerinci. Di Danau Kerinci juga banyak dijumpai burung belibis.

Menariknya, destinasi ini juga memiliki cerita rakyat yang terus hidup. Dengan luasannya itu, Danau Kerinci pun didiami oleh seekor naga raksasa bernama Calungga. Naga ini punya adik seorang manusia bernama Calutat. Calungga awalnya seorang manusia, tapi berubah menjadi naga setelah memakan telur di hutan.

6. Bukit Khayangan

Bukit Khayangan merupakan rangkaian Bukit Barisan. Kawasan ini merupakan destinasi andalah dari Jambi. Lokasinya di Desa Renah Kayu Embun, Kota Sungai Penuh, Jambi. Destinasi ini berada pada ketinggian 2.000 mdpl. Panoramanya indah dengan view sungai berkelok dan suasana kota.

Saat berkabut, pemudik akan mendapatkan experience luar biasa. Sebab, siapapun seperti sedang berada di atas awan. Memiliki ketinggian ideal, Bukit Khayangan sangat terkenal dengan pesona sunrisenya. Jadi, bagi para netizen, destinasi ini menjadi spot terbaik untuk memproduksi konten. Entah itu foto, video, atau text yang bagus.

7. Sanggar Batik

Sama seperti wilayah lainnya, Jambi juga terkenal dengan batiknya. Coraknya sangat khas. Terkenal sebagai Batik Jambi, total ada 100 motif yang dimilikinya. Untuk motif yang sering dicari adalah Duren Pecah, Batanghari, serta Angso Duo. Selain motifnya, pewarnaan batik ini sangat khas. Ada 2 metode pewarnaannya, yaitu secara kimia dan alami dengan tumbuh-tumbuhan.

Menjadi ciri wilayah, motif Batik Jambi juga memiliki beberapa filosofi. Motif Duren Pecah gambaran 2 bagian kulit yang terbelah, tapi terpaut antara pangkal dan tangkainya. Maknanya adalah pondasi hidup berupa iman dan takwa, lalu menjadi representasi ilmu pengetahuan. Salah satu pusat batik ini berada di Olak Kemang, masuk wilayah Muaro Jambi.

8. Jembatan Betrix

Jembatan Betrix sangat instagramable dengan warna warni khasnya. Lokasinya berada di Sri Pelayang, Sarkam, Sarolangun, Jambi. Nama jembatan ini diambil dari Ratu Belanda Beatrix. Pembangunannya dilakukan pada 1923-1939. Kini jembatan ini menjadi penghubung wilayah Sri Pelayang dengan pasar. Karena menjadi situs sejarah, pemerintah lalu membangun jembatan baru. Tujuannya agar Jembatan Betrix ini tetap utuh dan lestari.

9. Puncak Lubuk Beringin

Lubuk Beringin populer sebagai destinasi agrowisata. Kawasan ini memiliki alam yang eksotis. Nuansa alami tetap terjaga dengan aliran Sungai Batang Buat. Airnya sangat jernih dan menyegarkan. Kawasan ini menjadi destinasi agrowisata yang mendunia. Lubuk Beringin menawarkan beragam aktivitas wisata alam. Ada hutam alam dan kawasan hutan karet.

10. Water Front City Tungkal

Water Front City Tungkal menjadi spot terbaik untuk menikmati senja. Kawasan ini membentang 700 meter di Kota Tungkal, Tanjung Jabung Barat. Destinasi ini terkenal dengan sunsetnya. Wajar bila sore menjelang Water Front City Tungkal selalu ramai oleh pengunjung. Nuansanya sangat instagramable untuk berswafoto. Ada beragam permainan yang ditawarkan, seperti odong-odong, scooter, kolam pancing anak, dan lainnya.(###)

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *