Janji Jiwa Flamboyan, Kafe Terunik di Indonesia

97 0

UNGARAN – Gerai Kopi Janji Jiwa lazimnya berada dalam satu petak kecil di area mall dengan dominasi warna kayu dan rangka besi hitam. Ada juga yang menempati ruko dengan standar brand color yang sama, hitam, putih, cokelat muda warna kayu, plus dengan neon box Janji Jiwa.

Tapi, suasana yang sangat berbeda bisa kalian temui di Janji Jiwa Flamboyan Ungaran. Sebab konsep yang diangkat adalah kafe. Janji Jiwa Flamboyan Ungaran adalah satu dari sekitar 1000 Janji Jiwa di Indonesia yang paling unik, paling luas, paling besar, dan paling khas. Dan tentunya tanpa meninggalkan karakter utamanya sebagai franchise jilid 726.

Apa saja keunikannya? Beberapa netizen menyebut, desain arsitektur kafe nya “nJawani”. Kesan itu diperkuat dengan aksen di pintu masuk utama yang berbentuk Pendopo, Joglo dan Gazebo. Ada rumah adat Kudusan di belakang yang menjadi spot latar foto yang elegan.

Di bagian tengah pendopo, ada ukiran Logo Janji Jiwa dengan prodo warna keemasan. Dan satu satunya di Indonesia dimana logo Janji Jiwa menggunakan ukiran tangan di atas kayu jati.

“Booth tempat barista dan baristi nya tetap bergaya modern minimalis, sesuai standart Janji Jiwa,” kata Nora Aprilita S, owner Janji Jiwa Flamboyan Ungaran.

Lokasi Janji Jiwa Flamboyan mudah dijangkau, hanya 5 menit dari pintu tol Ungaran.

Tempat ini makin diminati lantaran memiliki Sunset Area. Tempat menyaksikan prosesi tenggelamnya matahari berlatar Gunung Ungaran.

“Best Time nya pukul 16.30 WIB, sampai sunset,” ungkap Nora.

Tempatnya agak tersembunyi di balik teraserring, di bawah lapangan parkir yang juga terbesar dari seluruh Janji Jiwa di tanah air. 30 mobil dan 50 sepeda motor bisa tertampung dalam satu satu. Luasannya sekitar 5000 meter persegi, sehingga sangat nyaman buat parkir.

Ketika malam tiba, lampu-lampu temaram membentang indah di screen kamera smartphone. Itulah salah satu kelebihan keunikan yang membuat orang betah berlama-lama di sana.

“Jadi best place buat ngobrol dan ngopi, karena hawanya sejuk di perbukitan,” kata Nora Aprilita.

Kalau sore dan udara cerah, bisa melihat lekuk-lekuk Gunung Ungaran. Juga persawahan luas menghijau mirip zamrud yang menyejukkan mata. Jauh dari keramaian, jauh dari hiruk pikuk suara knalpot mobil, udara sangat bersih.

Uniknya lagi, setiap sore di sunset area ini selalu disuguhi langit senja yang selalu berubah-ubah. Lukisan ciptaan Tuhan yang tidak pernah sama setiap hari. Kadang bersih membiru, kadang berhias awan-awan, dengan beragam pola.

Pengunjung biasanya nongkrong menghabiskan waktu rata rata 1,5 jam. Ada yang sibuk dengan laptopnya, ada yang asyik dengan handphone nya, ada juga yang ngobrol ngalor ngidul bersama sahabat karibnya. Karena duduk lama itu tidak cukup segelas kopi, maka di kompleks Radja Pendapa Gallery itu juga hadir Kedai Nona Ungaran.

Ada “temannya ngopi” berupa makanan, camilan, dan yang mengenyangkan di sana. “Silakan cek Instagramnyai @kedainona5 yang menjadi komplek @kopijanjijiwa.ungaran @kopijanjijiwa.unrleyangan,” ungkap Nora yang juga pemilik Janji Jiwa Kedung Mundu Semarang itu.

Selama New Normal, kafe kafe bernuansa alam terbuka lebih banyak dicari. Tidak lagi di ruang sempit ber-AC, melainkan tempat luas, bebas menghirup udara, 360 derajat, tidak berdinding, dan bersekat. Selain estetika, juga mempertimbangkan healty and hygiene.

“Syarat-syarat itu terpenuhi di Janji Jiwa Flamboyan, ditambah udara sejuk pegunungan setiap sore dan malam,” katanya. Udara sejuk bisa dibuat, dengan AC, tetapi di sini, sejuk karena alam pegunungan, dataran tinggi, yang pas buat ngopi.

Itulah, mengapa Live Music ditempatkan di hari Rabu dan Kamis malam, dari jam 19.00 WIB. Tidak seperti sebelum masa pandemi, yang dibuat di Jumat, Sabtu, Minggu malam. “Jadi kalau mau nge-jams, atau ikut nyanyi, Rabu malam dan Kamis malam ya,” ungkap Nora yang juga aktif di komunitas piano itu.

Janji Jiwa Flamboyan Ungaran ini lokasinya mudah dijangkau. Rata-rata orang mencari dari Google, lalu menemukan rute tercepatnya melalui Google Maps. Tinggal ketik Janji Jiwa Flamboyan Ungaran sudah ada titiknya di sana. Di sini alamatnya https://goo.gl/maps/bMK2qo64jPHvnUiTA

Dari Alun Alun Bung Karno Ungaran, ke arah Leyangan, Jl Flamboyan, hanya 5 menit. Bisa juga dipesan melalui GoFood dan GrabFood, cukup ketik di mesin pencariannya Janji Jiwa Flamboyan Ungaran, sudah bisa dipesan online. Ini link nya https://gofood.link/a/bwa4pmk.

Ads 3 syarat sebuah kafe menjadi favorit” tempat nongkrong anak-anak muda. Ambience atau suasananya oke, makanan minumannya oke, dan teman sejiwa nya juga oke. “Cobain deh!” pungkas Nora, sambil mengingatkan agar selalu mematuhi protokol kesehatan selama di sana. (*)

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *