Kelompok Tani di Mamuju Dapat Bantuan Alsintan

16 0

MAMUJU – Modernisasi pertanian terus dilakukan Kementerian Pertanian, termasuk untuk mendukung pertanian di Mamuju, Sulawesi Barat. Melalui Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP), Kementerian Pertanian memberikan bantuan alat dan mesin pertanian (Alsintan) untuk sejumlah kelompok tani di Kecamatan Kalukku, Mamuju, Kamis (22/10/2020).

Bantuan alsintan berjumlah 241 Unit. Terdiri dari traktor roda 4, transplanter, dan lainnya.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, mengatakan bantuan alsintan diberikan agar petani bisa meningkatkan produktivitas.

“Yang kita harapkan, bantuan alsintan ini bisa berdampak pada peningkatan produktivitas. Karena, dengan peningkatan produksi kita bisa menjaga ketahanan pangan. Karena, tugas pertanian adalah menyediakan makan untuk seluruh masyarakat Indonesia, utamanya saat kondisi Covid-19,” katanya.

Dirjen PSP Kementerian Pertanian, Sarwo Edhy, mempertegas hal itu. Menurutnya, alsintan sangat mendukung peningkatan produktivitas.

“Ada sejumlah alasan mengapa alsintan bisa mendukung produktivitas. Pertama karena alsintan membuat kerja lebih efisien. Dengan alsintan, losses bisa ditekan,” katanya.

Sarwo Edhy menambahkan, alsintan membuat proses olah tanah, tanam, panen, hingga pasca panen menjadi sangat cepat.

“Misalnya untuk olah tanah. Dengan cara konvensional olah tanah membutuhkan waktu berhari-hari dengan melibatkan sejumlah orang. Tapi dengan alsintan jenis traktor, olah tanah bisa dilakukan seorang operator dalam waktu beberapa jam saja. Begitu juga dengan tanam maupun panen. Sehingga indeks pertanaman juga bisa meningkat,” katanya.(***)

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *