Kementan Dukung Pertanian Wajo dengan Alsintan

37 0

WAJO – Peningkatan produksi pertanian terus dilakukan Kementerian Pertanian di Kabupaten Wajo. Untuk memaksimalkan pertanian di Wajo, Kementan melalui Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) memberikan dukungan berupa bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan).

Bantuan alsintan yang diberikan Ditjen PSP untuk pertanian Wajo berupa 50 unit hand traktor dan 15 Unit Traktor Roda empat.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo berharap bantuan ini bisa dimaksimalkan untuk meningkatkan produktivitas di Wajo.

“Produktivitas pertanian harus terus kita genjot. Karena, pertanian harus bisa memenuhi kebutuhan pangan masyarakat Indonesia,” tutur Mentan SYL, Kamis (26/11/2020).

Dirjen PSP Kementerian Pertanian, Sarwo Edhy, mengatakan bantuan alsintan yang diberikan diharapkan juga bisa membantu percepatan tanam.

“Alsintan jenis traktor ini bisa membantu petani melakukan percepatan tanam. Dengan alsintan, proses pertanian akan jauh lebih cepat dan efisien,” tuturnya.

Menurut Sarwo Edhy, dengan cara konvensional pertanian akan memakan waktu berhari-hari.

“Misalnya untuk olah tanah. Dengan cara konvensional olah tanah memerlukan beberapa orang dan waktu berhari-hari. Tapi dengan alsintan jenis traktor, olah tanah hanya hitungan jam, dan hanya membutuhkan seorang operator,” paparnya.

Dijelaskannya, dengan alsintan diharapkan petani juga akan mendapatkan hasil panen yang berkualitas dan kuantitas terbaik.

Bupati Wajo H. Amran Mahmud memberikan apresiasi terhadap kepedulian Kementan.

“Alsintan untuk meningkatkan kualitas pembangunan pertanian untuk kedaulatan pangan yang menjadi prioritas pemerintah, terutama pada masa Pandemi Covid-19,” kata Amran Mahmud.

Alsintan dari Kementan diserahkan kepada kelompok tani, di Anabanua Kecamatan Maniangpajo Kabupaten Wajo.(***)

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *