Kementan Imbau Petani Bantaeng Manfaatkan Pupuk Non Subsidi

25 0

JAKARTA – Kementerian Pertanian melalui Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) menghimbau petani di Bantaeng, Sulawesi Selatan, untuk memanfaatkan pupuk non subsidi bila alokasi pupuk bersubsidi sudah terealisasi seluruhnya. Hal ini untuk memastikan budidaya pertanian tetap berlangsung.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menegaskan, Kementerian Pertanian kini lebih selektif dalam menyalurkan pupuk bersubsidi.

“Anggaran untuk pupuk subsidi memang dikurangi. Mau tidak mau, kita juga lebih selektif dalam pendistribusian pupuk subsidi. Agar pupuk yang dibagikan bisa lebih maksimal dan bermanfaat bagi petani yang membutuhkan. Karena keterbatasan itu kita meminta petani tidak tergantung pada pupuk subsidi, manfaatkan juga pupuk non subsidi,” tutur Mentan SYL, Senin (20/07/2020).

Sementara Dirjen PSP Kementan Sarwo Edhy mengatakan penerima pupuk bersubsidi berdasarkan pengajuan yang ada dalam eRDKK.

“Daerah mengajukan alokasi serta nama-nama penerima pupuk dalam eRDKK dan melalui verifikasi bertahap. Kita sinkronkan pengajuan itu dengan serapan pada tahun sebelumnya. Data itu yang digunakan dalam penyaluran pupuk bersubsidi tahun ini,” katanya.

Menurut Sarwo Edhy, realisasi pupuk subsidi untuk Kabupaten Bantaeng sudah mencapai 7.217 ton.

“Jika alokasi pupuk subsidi tidak mencukupi, maka petani dapat menggunakan alternatif pupuk Non Subsidi. Sehingga pertanian dapat terus berlangsung,” katanya.(***)

Related Post

Foto : Istimewa

362 Peserta dari 8 Provinsi Lokasi SIMURP IKut ToT

Posted by - 23 Juli 2020 0
DESTINASIDIGITAL.COM//JAKARTA – Untuk memaksimalkan program Strategic Irrigation Modernization and Urgent Rehabilitation Project (SIMURP), Kementerian Pertanian memberikan pembekalan Training Of Trainer…

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *