Kementan Luncurkan Pelatihan Sejuta Petani dan Penyuluh, READSI Beri Dukungan

23 0

JAKARTA – Program Rural Empowerement Agriculture Development Scalling Up Innitiative (READSI), mendukung upaya Kementerian Pertanian untuk meningkatkan kapasitas SDM pertanian. Salah satunya, dengan menyiapkan diri untuk berpartisipasi pada Pelatihan Sejuta Petani dan Penyuluh.

Sosialisasi Pelatihan Sejuta Petani dan Penyuluh dilaksanakan Pusat Pelatihan Pertanian di Provinsi Sulawesi Tengah. Hadir menjadi narasumber yaitu dari Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kementerian Pertanian.

Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan, Kementan mendorong agar petani lebih modern. Caranya, dengan memanfaatkan teknologi pertanian di lahan pertanian untuk meningkatkan produktivitas.

“Peningkatan produktivitas ada di genggaman petani dan penyuluh, mari kita sukseskan program pelatihan sejuta petani dan penyuluh,” tutur Mentan SYL.

Hal senada disampaikan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi, dalam kegiatan Bertani On Cloud (Edisi Khusus) Sosialisasi Pelatihan Sejuta Petani yang dilaksanakan secara virtual, Jumat (15/07/2021).

Menurutnya, Kementan melalui BPPSDMP telah mencanangkan kegiatan pelatihan untuk sejuta penyuluh dan petani di Indonesia. Tujuannya Untuk meningkatkan kompetensi dan kemampuan SDM pertanian agar berkualitas dan ini termasuk prioritas Kementan.

“Sebab, mencapai target produktivitas tinggi harus didukung juga dengan SDM Pertanian yang mumpuni terutama inovasi dan teknologi yang kini makin berkembang. Tentunya hal ini untuk mendukung ketahanan pangan nasional,” terang Dedi.

Menurutnya, ada 3 hal penting untuk penyuluh dan petani dalam kegiatan Pelatihan Sejuta Petani dan Penyuluh. Yaitu saling kolaborasi antara penyuluh dan petani serta membiasakan petani dan penyuluh melek akan teknologi informasi.

“Semua yang hadir di pertemuan Sosialisasi Kegiatan Pelatihan Sejuta Petani dan penyuluh di Sulawesi Tengah, sangat penting untuk memahami apa jenis kegiatannya, manfaat di Dinas dan Provinsi, harapan serta target – targetnya agar tercapainya keberhasilan program READSI sehingga dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas.(*)

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *