Kementan Tingkatkan Profesionalitas Pegawai UPT dengan Pembinaan

374 0

JAMBI – Kementerian Pertanian (Kementan) tak hanya bergerak ke luar untuk terus menerus meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), tetapi juga dilakukan di internal kementerian. Salah satunya seperti yang dilakukan Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) yang melakukan pembinaan pegawai di Bapeltan Jambi.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) dalam berbagai kesempatan sering mengingatkan jika SDM pertanian memiliki peranan penting dalam mendukung produktivitas pertanian. Tidak hanya pelaku usaha tani, seluruh yang terlibat dalam roda kegiatan pertanian, termasuk seluruh pegawai Kementan merupakan SDM pertanian.

Oleh sebab itu, adanya pembinaan pegawai menjadi salah satu upaya memperkuat SDM pertanian. “SDM pertanian harus diperkuat untuk meningkatkan produktivitas pertanian,” tegas Mentan SYL.

Sejalan dengan itu Kepala BPPSDMP Kementan, Dedi Nursyamsi mengatakan bahwa ASN Kementan harus dapat menjadi pemimpin yang menghadirkan perubahan serta menguasai menajemen kritis. “Pemimpin berkualitas akan menawarkan solusi hingga terobosan luar biasa. Inovasi dan kreativitas yang dimiliki akan menawarkan terobosan penting,” ujar Dedi.

Kegiatan pembinaan Bapeltan Jambi diisi oleh Sekretaris BPPSDMP Kementan, Siti Munifah. Pada acara yang mengambil tempat di Aula Bapeltan Jambi itu hadir di antaranya Kepala Balai, Kasubag Tata Usaha, Sub Koordinator Penyelenggara Pelatihan, Sub Koordinator Program dan Evaluasi serta Pegawai dan Tenaga Harian Lepas (THL) Bapeltan Jambi beseeta seluruh staf lainnya.

Dalam arahannya, Siti Munifah menyampaikan tentang kebijakan pengelolaan kedisiplinan, etika dan kinerja pegawai BPPSDMP pada Bapeltan Jambi. Siti juga menekankan kepada seluruh pegawai untuk mencermati peraturan baru pengganti Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 53 Tahun 2010 yaitu Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 94 Tahun 2021 tentang Disiplin Pegawai.

“Saya berharap melalui momentum ini kinerja pegawai dapat ditingkatkan yang pada akhirnya memberikan dukungan bagi Bapeltan Jambi dalam menjalankan fungsi dan perannya,” katanya.

Selain memberikan materi, Siti juga menyempatkan diri untuk meninjau areal lahan Bapeltan Jambi, melihat Agro Edu Wisata (AEW) dan budidaya lebah madu yang merupakan kerja sama Bapeltan Jambi dan P4S Rumah Madu Hutan Jambi.

Related Post

23 Poktan di Bantul Dapat Bantuan Alsintan

Posted by - 3 Mei 2021 0
BANTUL – Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memberikan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) dari Kementerian Pertanian (Kementan) kepada…

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *