Keren, KasmaRUN Bintan Ajak Peserta Peduli Lingkungan

138 0

LAGOI – Pelaksanaan KasmaRUN 2019 yang digelar Bintan Resort Cakrawala di Lagoi Bay, Selasa 31 Desember 2019, disambut antusias ribuan peserta. Yang menarik, event tahunan ini mengajak peserta untuk peduli lingkungan. Hal ini sejalan dengan tema yang diangkat, Eco Run.

Ribuan peserta dari dalam dan luar negeri ini, dilepas Kapolres Bintan AKBP Boy Herlambang, GGM PT BRC Abdul Wahab, GM Operasional PT BRC Prakash Nair, GM Finance dan Administrasi Hebron Habeahan, Manager Administrasi PT BRC Edi Martha, Manager Operasional PT BRC, Ahmad Yani dan Kadisparbud Bintan Wan Rudi Iskandar.

KasmaRUN adalah lomba lari berjarak 3 kilometer dengan menyusuri rute tepian Danau Lagoi Bay. Ada 5 titik unik yaitu dilalui peserya, yaitu Holy Powder, Shooting War, Emoticon Bottle, Lorong Tutup Botol dan Sponsor Zone.

Kemeriahan KasmaRUN diawali aksi monster plastik dalam talk show pelestarian lingkungan, World Cleanup Day (WCD) Kepri di pelantaran Plaza Lagoi, Lagoi Bay, Kawasan Wisata Bintan Resorts Lagoi. Setelah itu, peserta mulai siap berlari. Namun, sebelum berlari, seluruh peserta dibekali silicon cup dan reuse bag.

Ketua World Cleanup Day Kepri, Nunung Rozalina mengatakan, melalui event ini, diharapkan muncul kesadaran masyarakat terhadap lingkungan. Sehingga menjadi masyarakat yang ramah lingkungan.

“Oleh karena itu, peserta dikasih silicon cup biar lebih ramah lingkungan, kemudian disediakan reuse bag bisa dipakai buat tempat sampah semacam kresek,” jelasnya.

Selain itu, medali yang diberikan peserta juga terbuat dari bahan bekas meabel yang tidak terpakai lagi.

“Semoga event KasmaRUN yang ramah lingkungan ini bisa diikuti event-event lainnya,” kata Nunung.

Kadisbudpar Kabupaten Bintan Wan Rudy Iskandar mengatakan, ada dua pesan yang ingin disampaikan melalui event Bintan Resorts KasmaRUN Special Edition.

“Pesan olahraga ke peserta untuk tetap menjaga kesehatan dan pesan mengajak peserta untuk peduli lingkungan, dimana mereka dibekali silicon cup dan reuse bag sehingga tidak membuang sampah saat berlari,” kata Wan Rudy Iskandar.

Sementara GGM PT BRC, Abdul Wahab mengatakan, KasmaRUN juga merupakan bagian dari pesta perayaan pergantian tahun baru yang dilaksanakan oleh Bintan Resort Cakrawala.

Setelah itu, usai berlari 20 peserta tercepat pada KasmaRUN diberikan kesempatan berswafoto bersama Andra & The Backbone.

Asdep Pengembangan Pemasaran I Regional I Kemenparekraf Dessy Ruhati mengatakan KasmaRUN menjadi event akhir tahun yang banyak dinanti wisatawan.

“Konsep memeriahkan akhir tahun ala KasmaRUN cukup unik. Makanya banyak peserta mancanegara ambil bagian. Ini event yang banyak ditunggu,” tuturnya.

Sementara Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenparekraf Rizki Handayani menambahkan, Kepri kembali membuktikan diri sebagai crossborder terdepan di Indonesia.

“Greater Batam di Kepulauan Riau (Kepri), yaitu Tanjungpinang-Batam-Bintan, adalah pintu masuk buat wisatawan mancanegara yang ingin ke Indonesia. Khususnya dari Malaysia dan Singapura. Sebagai daerah border, Kepri mampu menghadirkan banyak atraksi berkualitas yang dipadukan dengan keindahan alam, salah satunya KasmaRUN. Inilah yang membuat Kepri selalu menjadi pilihan wisatawan border untuk berlibur,” paparnya.(*)

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *