Kolaborasi dengan KKP, Mutiara Carita Cottages Peduli Konservasi Ekosistem Coral

36 0

Jakarta – Sebagai akomodasi wisata terpadu dengan Pantai Carita, Mutiara Carita Cottages ( MCC) menaruh kepedulian besar terhadap kondisi lingkungan sekitar. Tak hanya kepada pepohonan di sekitar cottages, namun juga alam bawah laut di sekitar Pantai Carita.

Komisaris PT Mutiara Hitam Pertiwi (MHP) selaku pengelola Mutiara Carita Cottages, Bambang Irianto menjelaskan, pihaknya telah menjalin kerja sama dengan stakeholder terkait seperti Loka Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut , Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) di Carita serta Komunitas Peduli Pariwisata Carita (KPPC) untuk melakukan konservasi. Ada beberapa hal yang telah diprogramkan. Pertama, kata Bambang, yakni konservasi coral dan biota laut yang ada di sepanjang karang atau tubir di kawasan Mutiara Carita Cottages.

“Konservasi coral dan biota laut itu kami rencanakan sekitar sepanjang satu kilometer. Di depannya juga nanti kita lihat potensi karang yang jaraknya dari pantai kita sampai sekitar 200 meter. Di situ juga banyak sebaran karang karang besar,” Konservasi ini perlu segera dilakukan sebagai bentuk kepedulian kami terhadap lingkungan sekitar agar ekosistem ini tidak dirusak oleh orang orang yg tidak bertanggung jawab. Ekosistem terumbu karang sangat bermanfaat, antara lain merupakan tempat dimana ikan ikan memijah ( spawning ground) dan tempat mengasuh anaknya ( Nursery ground) serta menjadi pelindung pantai karena berfungsi menahan hantaman gelombang besar. kata Bambang membuka perbincangan, Selasa 21 Juli 2020.

Mengenai rencana ini, Bambang menuturkan jika pada awal Agustus 2020 ini akan dilakukan pemetaan kawasan bawah laut sekitar Mutiara Carita Cottages bekerjasama dengan KKP. Ia menegaskan, konservasi coral dan biota laut ini akan menguntungkan semua pihak, mulai dari nelayan, pelaku industri pariwisata hingga masyarakat di sekitar Pantai Carita. “Dampaknya bukan hanya untuk kami, tetapi juga bagi masyarakat sekitar. Kami ingin berkolaborasi agar saling menguntungkan untuk semuanya.Ini yang sedang kami sepakati bersama,” katanya.

Rencana yang tengah dirancang oleh Cottages yang terletak di bilangan Jalan Raya Carita Labuan Km 7, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten itu antara lain adalah membuat coral garden, coral stock centre, kebun anemon, kebun kima dan spot snorkeling .

Saat ini di Pantai Carita, tepatnya tak jauh dari dermaga Mutiara Carita Cottages sudah terdapat spot yang cukup menarik untuk snorkeling yang dikelola masyarakat dan sudah ramai dikunjungi wisatawan namun kedepan perlu diperbaiki ekosistemnya dan dibuatkan SOP pengunjung agar ekosistem terumbu karangnya tidak cepat rusak.

Jadi kita ingin berkolaborasi dengan semua stakeholder serta menata ulang supaya nanti bisa menjadi atraksi yang lebih bagus untuk wisatawan yang akan berkunjung ke Carita.
Kita juga akan membuat rumpon sekitar 200 meter dari karang tadi,” namun tetap menunggu hasil survey pemetaan kawasan dari KKP agar penataannya optimal, tutur dia.

Tak hanya itu, Bambang juga menjelaskan jika perusahaannya telah merancang revitalisasi pemecah gelombang / break water sekitar 100 meter untuk menahan gelombang besar.

“Mengenai pembiayaan konservasi coral , kita bisa berkolaborasi antara KKP dengan Mutiara Carita Cottages, nanti tinggal dibahas sharing-nya apa dan bagaimana. Kita belum menghitung detailnya. Yang jelas langkah awalnya pada bulan Agustus ini kita akan survei pemetaan dahulu secara keseluruhan ekosistem coral dan biota laut yang ada di sini. Kita pastikan tahun ini kita selesaikan,” katanya.

Upaya mengembalikan ekosistem laut yang rusak bukan baru pertama kali dilakukan oleh Mutiara Carita Cottages.

Pada November 2019, bekerjasama dengan Kelompok Konservasi Alam Bawah Laut Carita, sebanyak kurang lebih 1000 bibit karang di beberapa media transplantasi telah ditanam di perairan yang berjarak 150 meter dari pantai Mutiara Carita Cottages. Jenis karang yang dipilih untuk ditanam pada tahap pertama ini adalah karang Jahe _(Acropora sp.)_ karena mudah tumbuh.

Meski belum genap setahun, namun hasilnya sudah dapat dirasakan. Karang tersebut tumbuh dengan baik dan menjadi tempat bagi tumbuh kembang ikan. Hal itu pun, saat ini sudah menjadi atraksi wisata yang menarik bagi pengunjung. Mereka bisa secara langsung memberi makan ikan-ikan berbagai jenis dari dermaga Mutiara Carita Cottages.(*)

Related Post

MesaStila 100. Bikin Magelang Happy

Posted by - 6 Oktober 2019 0
MAGELANG – Sport tourism yang selalu menjadi andalan Menpar Arief Yahya untuk mengenalkan destinasi wisata di tanah air selalu membawa…

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *