Kuatkan Tone Pariwisata Era New Normal, Kemenparekraf Gulirkan Famtrip KOL

42 0

JAKARTA – Tone Pariwisata di era New Normal terus mengalami penguatan. Mengembalikan hegemoni industrinya, Kemenparekraf mengulirkan program Familiarization Trip (Famtrip). Formatnya dikemas melalui Key Opinion Leader (KOL) pada 19-21 Juni 2020. Komposisinya terdiri dari KOL Lifestyle hingga KOL Travel. Muaranya, grafik arus wisnus terus melesat sesuai dengan program #diindonesiasaja.

“Fase New Normal pariwisata membutuhkan support untuk menggerakkan industrinya. Untuk itu, kami mulai menggulirkan program Famtrip dengan format KOL. Ada beberapa influencer yang dilibatkan di sini,” ungkap Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf Nia Niscaya, Rabu (17/6) malam.

Famtrip KOL digelar dengan melibatkan Hotel Pullman-Thamrin, Jakarta. Digelar dalam 3 hari, program tersebut diikuti oleh 4 peserta. Menjadi influencer, masing-masing terdapat 2 nama untuk setiap KOL. Mereka ini merupakan publik figur dengan popularitas besar. Slot KOL Travel diisi oleh nama beken Gemala Hanafiah dan Patricia Ranieta. Untuk KOL Lifestyle ada Cindy Lauw juga Caesar Mario.

Secara profil, Gemala Hanafiah aktif di dalam 5 platform media sosial. Sebut saja, Facebook, Instagram, Twitter, YouTube, juga Blog. Jumlah massanya besar. Dengan tittle Gemala Hanafiah, Facebooknya punya 7.050 Likes. Ada juga 3.975 reach monthly. Instagram @g_hanafiah punya 37,1 K followers dengan 137,5 K impression weekly. Untuk Twitter @g_hanafiah memiliki 14,2 K followers.

Serupa Gemala, postur menjanjikan juga dimiliki Patricia Ranieta. Aktif dalam sosial media, Instagram @patriciarani93 memiliki 52,8 K followers. Patricia juga memiliki 1,479 followers di dalam akun Twitter @patriciarani93. Pada KOL Lifestyle, Cindy Lauw melalui akun Instagram @cindylauw memiliki 32,5 K followers. Twitter @CindyLauw diisi 7.463 followers, lalu ada 783 K subscribers di kanal YouTube Cindy Lauw.

Bagaimana dengan Caesar Mario? Caesar juga sangat kuat di media sosial. Buktinya, akun Instagram @caesarmario memiliki 92,3 K followers. Kanal YouTube Mario Caesar mendapatkan 8,55 K subscribers, termasuk 47,8 K followers dalam Tik Tok @caesarmario. Nia menambahkan, kehadiran influencer akan mempercepat akselerasi penetrasi pasar pariwisata.

“Pasar pariwisata memang harus dihidupkan lagi. Kehadiran influencer akan mempercepat akselerasi itu. Apalagi, mereka memiliki massa kompetitif. Sejauh ini, promosi menggunakan media sosial selalu memberi feed back positif,” lanjut Nia.

Demi mengoptimalkan fungsi Famtrip KOL, beberapa jadwal padat sudah disiapkan bagi influencer. Untuk hari pertama, peserta akan menginap di Hotel Pullman-Thamrin. Ada beberapa agenda khusus, mulai makan siang hingga pengambilan konten staycation di Hotel Pullman-Thamrin. Beberapa spot yang dieksplorasi adalah kolam renang, gym, hingga restaurant/kafe.

Pada hari ke-2, mereka mengeksplorasi tema Menuju Kenormalan Baru #BeliKreatifLokal. Ada beberapa brand besar yang bergabung, seperti Shopee, Tokopedia, BliBli, dan Bukalapak. Brand lainnya, Lazada, JD.ID, Gojek, dan Grab. Tema tersebut dilanjutkan pada hari ke-3. Namun, bedanya mereka lebih mengeksplorasi berbagai destinasi yang ada di Jakarta.

Destinasi yang dieksplorasi adalah Ancol, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Hotel Accor Group, juga Kepulauan Seribu. Masuk dalam Destinasi Prioritas, Kepulauan Seribu memiliki banyak spot luar biasa untuk snorkling hingga diving. Sebut saja, Semak Daun, Pulau Pari, Pulau Sepa, Pulau Ayer, Pulau Bira, Pulau Macan, Pulau Kayu Angin Genteng, Pulau Gosong Perak, hingga Pulau Pramuka.

“Konten yang dieksplorasi sangat beragam. Ada destinasi alam, buatan, hingga menikmati fasilitas belanja. Jakarta juga terkenal dengan kulinernya. Jadi, silahkan datang ke Jakarta dan nikmati beragam pesonanya. Selain atraksi, aksesibilitas dan amenitasnya merupakan yang terbaik,” tutup Nia.(***)

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *