Kunker ke Kupang, Ketua DPD RI Sambangi Sonaf Babau

18 0

KUPANG – Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, meneruskan kunjungan kerjanya di Kupang, Nusa Tenggara Timur, dengan berkunjung ke Istana atau Sonaf Babau, Minggu (29/8/2021).

Dalam kunjungannya di Sonaf Babau, LaNyalla didampingi Senator asal Lampung Bustami Zainuddin, Senator Sulawesi Selatan Andi Muh Ihsan, dan Senator asal NTT, dr. Asyera Respati A. Wundalero.

Rombongan senator ini disambut langsung Raja Babau, Jan Christofel Benyamin. Dia berterima kasih karena Ketua DPD RI berkenan berkunjung ke Sonaf Babau.

“Sebuah kehormatan besar bagi kami atas kunjungan Pak LaNyalla. Walaupun tempat kami sederhana dan jauh dari kota namun Pak Ketua DPD RI sudi menginjakkan kaki di sini. Sekali lagi terima kasih,” tuturnya.

Raja Jan Christofel Benyamin pun menilai kunjungan tersebut sangat tepat. Kunjungan itu juga semakin membuat diri dan masyarakat Sonaf Baubau bertekad memajukan wilayah dan menjaga budaya yang dirasakan semakin ditinggalkan oleh generasi muda.

“Kunjungan yang dilakukan Ketua DPD RI ini sudah tepat, dengan mendatangi kami. Karena, memang kerajaaan adalah cikal bakal lahirnya NKRI,” katanya.

Dalam kesempatan itu LaNyalla menjelaskan jika peran kerajaan tidak bisa dipisahkan dari terbentuknya NKRI. Karena itu peranannya saat ini dan kemudian hari harus semakin diperkuat.

“Di masa lampau. Indonesia memiliki kekayaan budaya yang melimpah. Bahkan tercatat dalam sejarah dunia, bahwa kerajaan-kerajaan Nusantara memiliki peradaban yang unggul. Sayang  seiring berjalannya waktu, eksistensi dan peranan penting Kerajaan Nusantara sebagai penjaga marwah bangsa Indonesia mengalami penurunan,” tutur LaNyalla.

Dengan alasan itu, DPD RI terus mendorong agar kerajaan nusantara bisa terus eksis. Bahkan harus mendapatkan peran dan menikmati pembangunan di negeri ini.

“Sebagai wakil daerah di tingkat nasional, DPD RI berkomitmen untuk mendorong pemerintah pusat bersama pemerintah daerah untuk mengakui dan menghormati kerajaan Nusantara sebagai fondasi negara Republik Indonesia,” katanya.

Ditambahkan oleh LaNyalla, DPD juga mendukung penuh upaya pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam mengembangkan potensi besar pariwisata di NTT.

“Mungkin tidak hanya Labuan Bajo saja. Daerah lain seperti Sonaf Baubau ini juga harus dikembangkan potensi wisata budayanya sehingga berpotensi besar dalam meningkatkan pendapatan daerah dan masyarakat,” ujarnya.(***)

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *