Kunker ke NTT, Ketua DPD RI Ingatkan Pentingnya Pangan Lokal

19 0

ROTE NDAO – Dalam kunjungan kerjanya di Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur, Sabtu (28/8/2021), Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, sempat mengunjungi Kebun Manek Pa’da Termanu di Holly Farm.

Ditemani Raja Termanu, Vicoas Trisula Pati Amalo, beserta permaisuri, Actry Mevi Amalo, kerabat kerajaan lain, juga para senator seperti Senator asal Lampung Bustami Zainuddin, Senator Sulawesi Selatan Andi Muh Ihsan, Senator NTT Angelius Wake Kako, LaNyalla melakukan penanaman sorgum.

Menurut LaNyalla, penanaman sekaligus budidaya sorgum adalah langkah tepat untuk memenuhi kebutuhan pangan.

“Indonesia ini kaya akan pangan lokal. Ada jagung, umbi-umbian, sagu, termasuk juga sorgum yang di tanam di Holly Farm. Sorgum adalah makanan alternatif pengganti beras yang bisa memenuhi kebutuhan pangan masyarakat di Rote Ndao,” katanya.

Kegiatan menanam sorgum dilakukan LaNyalla sebelum mengunjungi Uma Batu Kerajaan Termanu Rote Ndao.

“Kekayaan kita harus dilengkapi. Jadi, bukan hanya budaya dan adat istiadat yang harus kita lestarikan. Makanan lokal pun harus ditingkatkan,” katanya.

Senator asal Jawa Timur itu menjelaskan, dengan mengkonsumsi makanan lokal, petani pun akan terbantu.

“Semakin banyak kita mengkonsumsi pangan lokal, maka semakin sejahtera petani kita. Ini yang diharapkan dari pertanian,” katanya.

Sorgum sendiri adalah biji-bijian sereal yang bentuk tanamannya tinggi seperti jagung.

Selain untuk dikonsumsi, Sorgum juga dikenal sebagai bahan pembuat sirup. Namun, sorgum juga bisa dijadikan tepung sebagai pengganti tepung gandum.

Selain itu, sorgum juga bisa dimasak begitu saja layaknya beras dan dapat dijadikan nasi goreng, bubur, maupun sup. Ada juga waffle, kukis, dan roti tawar dari sorgum.(*)

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *