Lewat Gerakan BISA, Kemenparekraf Bersih-Bersih di Bangsasuci Tangerang

24 0

TANGERANG – Usai dari Desa Tanjung Burung, kegiatan Gerakan Bersih, Indah, Sehat, Aman (BISA) Kemenparekraf berlanjut ke Bangsasuci, Kota Tangerang, Selasa (04/08/2020). Kegiatan ini dikuti juga oleh Anggota Komisi X DPR RI dari Daerah Pemilihan (Dapil) Banten III, Martina.

Deputi Bidang Kebijakan Strategis Kemenparekraf/Baparekraf Kurleni Ukar mengatakan Gerakan BISA digulirkan untuk meningkatan kualitas dan daya saing destinasi pariwisata Indonesia. Khususnya di masa kenormalan baru.

“Berdasarkan hasil Travel & Tourism Competitiveness Index (TTCI) 2019, Indonesia menempati peringkat ke-102 dalam kategori Health and Hygiene dan peringkat ke-80 dalam kategori Safety and Security dari 140 negara. Sehingga diperlukan komitmen dan sinergi yang kuat dari seluruh pemangku kepentingan pelaku Pariwisata di pusat dan daerah untuk meningkatkan kualitas dan daya saing destinasi pariwisata Indonesia,” tuturnya.

Ditambahkannya, Gerakan BISA merupakan implementasi dari arahan Presiden Joko Widodo yang menginginkan adanya gerakan perlindungan sosial bagi pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Caranya melalui semacam gerakan padat karya dan memberikan stimulus bagi para pelaku usaha di sektor parekraf. Program ini juga bertujuan untuk mengoptimalkan pelaku usaha parekraf dalam menangani dan meningkatkan kebersihan, keindahan, kesehatan, dan keamanan masyarakat di sekitar destinasi wisata. Khususnya untuk menghadapi kondisi new normal,” terangnya.

Sasaran Gerakan BISA adalah pembersihan lingkungan destinasi pariwisata, juga penataan fasilitas umum di destinasi pariwisata sehingga menjadi indah, sehat dan aman.

“Yang menjadi lokasi Gerakan BISA adalah Destinasi Pariwisata Super Prioritas, Destinasi Pariwisata Prioritas, dan Destinasi Pariwisata lainnya sesuai kesepakatan dengan Pemerintah Daerah dan Pemangku Kepentingan,” jelasnya.

Sementara Anggota Komisi X DPR RI Martina mengaku kagum dengan Banksasuci atau Bank Sampah Sungai Cisadane. Menurutnya, Banksasuci bukan hanya peduli, tetapi juga mеrаwаt kebersihan Sungаі Cisadane.

“Ternyata ini tempatnya indah, bisa menjadi wisata alternatif di tengah-tengah Kota Tangerang. Sungainya bersih, ada kebun sayuran yang hijau, ada flying fox, dan Instagramable,” ujar Martina.

Ia pun berharap Banksasuci bisa menginspirasi banyak lembaga, organisasi, atau pegiat lingkungan, agar peduli dengan sampah dan kebersihan sungai Cisadane. Selain itu, Martina juga berharap Banksasuci bisa ditiru di tempat lain di Tangerang.(*)

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *