Foto : Istimewa

Manfaatkan SIMURP, Petani Serdang Bedagai Tingkatkan Produksi

101 0

DESTINASIDIGITAL.COM// JAKARTA – Para petani di Desa Pematang Sijonam, Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai, tidak berhenti menanam meski dalam pandemi Covid-19. Apalagi, tempat ini termasuk dalam lokasi kegiatan Strategic Irrigation Modernization and Urgent Rehabilitation Project (SIMURP) tahun 2020.

Di Desa Pematang Sijonam, kegiatan giat tanam dilakukan kelompok tani Karya IV, Semboyan, Kencana VIII, Karya I, Setia Kawan, Sri Kandis dan Harapan. Luas tanam sampai saat ini 80 hektare (ha), dngan potensi luas tanam 351 ha.

Untuk benih padi, petani memilih menggunakan varietas Ciherang karena menghasilkan beras yang pulen dan enak, mampu beradaptasi di segala tempat dan umur relatif lebih singkat.

Kegiatan SIMURP di Desa Pematang Sijonam, memperkenalkan sistem Climate Smart Agriculture (CSA). Tujuannya untuk meningkatkan produksi pertanian melalui peningkatan produktivitas maupun peningkatan Indek Pertanaman (IP).

Dampaknya adalah peningkatan pendapatan petani secara berkelanjutan, tanpa merusak lingkungan melalui adaptasi terhadap perubahan iklim serta mengurangi dan atau menghilangkan emisi gas rumah kaca.

Semangat yang diperlihatkan para petani di Desa Pematang Sijonam, sejalan dengan semangat Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo untuk memperkuat ketahanan pangan nasional.

“Ketahanan pangan nasional sangat penting dalam pandemi Covid-19. Petani harus tetap berproduksi namun mereka juga wajib memperhatikan protokol pencegahan Covid-19. Pemerintah terus berupaya menjaga stok pangan demi menjamin ketersediaan pangan bagi 267 juta rakyat Indonesia,” katanya, Sabtu (06/06/2020).

Hal senada disampaikan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi. Menurutnya, pemerintah mendukung aktivitas yang dilakukan dalam rangka menjaga Ketahanan Pangan Nasional.

“Pertanian tidak boleh berhenti dalam situasi apapun, genjot terus produksi pertanian. Penyuluh, petani dan kita semua ayo kita dukung pertanian kita,” ujarnya.(SD/NF)

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *