Mantab, Penanganan Covid-19 Indonesia Lebih Baik dan Tinggal Sisakan 5 Zona Merah

20 0

JAKARTA – Penanganan Covid-19 Indonesia memang mantab. Lebih baik dari negara lain. Sebab, Indonesia tidak masuk 10 negara dengan angka Covid-19 tinggi. Program vaksinasi Covid-19 juga sudah di atas angka 100 Juta orang. Saat ini Indonesia juga tinggal menyisakan 5 daerah yang masuk kategori zona merah Covid-19.

“Penanganan Covid-19 di Indonesia lebih baik dari negara lain. Indonesia bukan 10 negara dengan Covid-19 tinggi. Program vaksinasi Covid-19 juga sangat bagus,” ungkap Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yang juga Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN).

Indonesia memang tidak masuk dalam 10 negara dengan tingkat kasus aktif Covid-19 yang tinggi. Hingga Rabu (8/9), angka kasus aktif Covid-19 sudah di bawah 10 Ribu per Hari. Untuk akumulasinya tidak lebih dari 150 Ribu. Saat ini program vaksinasi juga sudah menyentuh sedikitnya 107 Juta jiwa masyarakat Indonesia.

“Kasus aktif Covid-19 sudah turun dibandingkan waktu sebelumnya. Meski demikian evakuasi tetap dilakukan. Bapak Presiden (Joko Widodo) bahkan tetap memberi catatan. Langkah-langkah yang sudah dilakukan harus dijaga karena pandemi Covid-19 belum berakhir,” terang Airlangga yang notabene Ketua Umum Partai Golkar.

Airlangga juga menjelaskan, diperlukan kolaborasi besar seluruh elemen untuk menyelesaikan kasus pandemi Covid-19 secara tuntas. Untuk itu, pemimpin perusahaan, CEO, asosiasi pengusaha, hingga Kadin diminta untuk aktif menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Mereka juga harus mendorong percepatan program vaksinasi Covid-19 untuk mencapai herd immunity 70%.

“Peran aktif seluruh elemen masyarakat sanagt diperlukan. Sebab, Covid-19 ini berbanding terbalik dengan pertumbuhan ekonomi. Kalau angka Covid-19 tinggi, maka ekonominya akan rendah. Sebaliknya, kalau angka Covid-19 rendah sudah pasti ekonominya tumbuh signifikan,” jelas Airlangga lagi.

Seiring dengan turunnya kurva Covid-19, peta risiko Covid-19 Indonesia memang mengalami perbaikkan signifikan. Mengacu data Satgas Covid-19 pada 5 September 2021, Indonesia didominasi zona kuning (risiko rendah) dengan 327 kabupaten/kota. Adapun zona oranye (risiko sedang) berada pada 181 kabupaten/kota.

Lebih lanjut, untuk zona merah hanya tersisa pada 5 wilayah dari 3 provinsi. Komposisinya ada Parigi Moutong (Sulawesi Tengah) dan Mappi (Papua). Untuk 3 daerah lainnya berada di Aceh, seperti Pidie Jaya, Kota Banda Aceh, dan Aceh Besar. Jumlah tersebut berkurang signifikan karena pada 29 Agustus 2021 zona merah masih membelit 15 kabupaten/kota dari 7 provinsi.

Daerah yang berhasil keluar dari zona merah Covid-19 adalah Sumatera Barat, Sulawesi Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Kalimantan Utara, DI Yogyakarta, dan Bali. Meski demikian, Sulawesi Tengah menambah slot zona merah pada periode tersebut. Airlangga memaparkan, program PPKM berbasis level efektif.

“Jumlah zona merah tinggal sedikit dan secepatnya akan berubah menjadi level lebih baik. Selain program vaksinasi Covid-19 yang terus berjalan, kami memiliki kebijakan PPKM berbasis level yang efektif mengendalikan dan menurunkan kurva Covid-19,” papar Airlangga.(***)

Related Post

Ketua DPD RI Serap Aspirasi PPUIN

Posted by - 3 Juni 2021 0
JAKARTA – Kunjungan yang dilakukan Perkumpulan Paricara Usada Indonesia (PPUIN), di Gedung Nusantara III Komplek Parlemen, Jakarta, Kamis (3/6/2021), dimanfaatkan…

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *