Maratua Jazz & Dive Fiesta Didukung Jadi Level Internasional

145 0

BERAU – Pesona Maratua Jazz & Dive Fiesta sungguh luar biasa. Mampu membuat siapa saja terpesona. Tak heran jika dukungan untuk event ini terus mengalir. Maratua Jazz & Dive Fiesta akan diupayakan menjadi level internasional.

Tahun ini, Maratua Jazz & Dive Fiesta berlangsung 13-15 September. Lokasinya eksotis. Di Pulau Maratua, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata Rizki Handayani, berharap Maratua Jazz & Dive Fiesta bisa terus konsisten digelar setiap tahun. Karena, dengan lokasinya yang eksotis, event ini bisa menjadi ajang mempromosikan wisata.

“Kita dari Kementerian Pariwisata berharap Maratua Jazz & Dive Fiesta bisa dilaksanakan setiap tahun. Tujuanya agar dunia luar mengenal bahwa Pulau Maratua adalah surga yang terpendam. Sekaligus mempertegas Maratua sebagai Maldivesnya Indonesia,” papar Rizki Handayani, Minggu (15/9).

Rizki menegaskan, Maratua Jazz & Dive Fiesta memiliki keunggulan serta beda dari event lain. Sebab, konser jazznya digelar dari tengah laut. Serta dipadu aktivitas diving. Belum lagi program barunya, sunrise concert.

“Kegiatan Jazz Maratua ini salah satu event untuk mempromosikan destinasi wisata, Maratua itu sudah mengangkat destinasinya, dan Jazznya sebagai sarana mempromosikannya, dan kami berharap wisata Maratua mendunia,” kata Rizki lagi.

Hanya saja, Rizki menegaskan promosi Maratua tidak bisa dilakukan sepihak. Harus ada semangat Indonesia Incorporated.

“Untuk mempromosikan wisata Pulau Maratua agar dikenal dunia luar dibutuhkan komitmen kepala daerah. Komitmen juga dari instansi terkait, seperti Dinas Pariwisata Kaltim dan Dinas Pariwisata Kabupaten Berau. Intsansi-instansi itu harus benar-benar serius untuk mengangkat wisata Maratua agar semakin mendunia, dengan terus menjaga eko lautnya, eko daratnya dan budayanya,” jelasnya.

Dukungan untuk event Maratua Jazz & Dive Fiesta juga disampaikan Kabid Pemasaran Dinas Pariwisata Kaltim M Irvan Rivai. Ia memberikan apresiasi kepada panitia penyelenggara Festival Maratua Jazz & Dive 2019 yang telah memperhatikan Pulau terluar di Indonesia.

“Pada prinsipnya kita sangat mendukung termasuk gagasan dari teman-teman non pemerintah sehingga menjadi perhatian baik nasional maupun internasional,” ucap M Irvan.

Selain kegiatan musik, Maratua Jazz & Dive Fiesta menghadirkan ragam kegiatan lain, seperti Festival Kuliner, Pameran Fotografi keindahan panorama alam bawah laut, dan masih banyak kegiatan yang melibatkan masyarakat sekitar.

Sederet musisi ternama juga menghibur pengunjung yang hadir, antara lain Denny Frust, Harry Toledo, Bertha dan Echon Project.

Menteri Pariwisata Arief Yahya juga memberikan dukungannya agar Maratua Jazz & Dive Fiesta bisa mendunia. Karena event ini bisa mendukung destinasi Maratua agar semakin mendunia juga.

“Destinasi yang bagus seperti Maratua, membutuh atraksi yang berkelas juga. Maratua sudah punya keduanya. Atraksi berupa event jazz dan destinasinya yang keren. Hanya kualitasnya harus ditingkatkan. Jika Maratua Jazz berkelas dunia, Pulau Maratua akan terangkat dengan sendirinya,” papar mantan Dirut PT Telkom itu.

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *