Mau Coba Kuliner Favorit Presiden, Datang Saja ke Ponorogo Saat Mudik

250 0

PONOROGO – Nama kuliner di Ponorogo mungkin tidak setenar daerah lain. Tapi untuk urusan rasa, kuliner Ponorogo boleh diadu. Bahkan ada satu tempat kuliner yang menjadi langganan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Presiden Joko Widodo.

Menteri Pariwisata Arief Yahya juga memberikan rekomendasi untuk mencoba deretan kuliner di Ponorogo.

“Kuliner Ponorogo dikenal dengan satenya yang nikmat. Bahkan, tokoh-tokoh Tanah Air sangat memuji sate Ponorogo. Langganan mereka adalah Sate Ayam Pak Tukri Sobikun. Biar tidak penasaran, datang saja ke Ponorogo dalam #PesonaMudik2019,” papar Menpar Arief Yahya.

Berikut 10 kuliner Ponorogo yang bisa membuat kalian ketagihan. Cobain deh.

1. Sate Ayam Pak Tukri Sobikun

Di tempat ini, kalian bisa melihat deretan foto-foto tokoh terkenal. Ada musisi Ahmad Dhani, mantan Kapolri Bambang Hendarso Danuri, Aburizal Bakrie. Namun, yang membuat kuliner ini menjadi perhatian adalah kehadiran Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Presiden Joko Widodo.

Sate Ayam Pak Tukri Sobikun menawarkan rasa nikmat. Mungkin, menjadi yang terbaik di Ponorogo. Kalau kalian ingin mencobanya, datang saja ke Kelurahan Nologaten, Ponorogo.

2. Rumah Makan Joglo Manis

Rumah Makan Joglo Manis berada Jalan Sultan Agung No 52 Ponorogo. Tempat ini menyajikan berbagai macam masakan tradisional Indonesia. Harganya terjangkau. Yang membuat seru adalah suasananya yang sangat nyaman. Sehingga, sangat cocok untuk makan bersama keluarga, teman maupun kerabat.

Menu yang bisa kalian temui antara lain Sop Iga Bakar, Sop Buntut, Salad Jawa, Ayam Penyet, Bebek Goreng, Gurame Asam Manis, Kepiting Asam Manis, Udang Telor Asin, Cumi Masak Orak-Arik

3. Warung Sate Ayam Ponorogo

Sate ayam memang sangat identik dengan Ponorogo. Salah satu yang cukup terkenal adalah Warung Sate Ayam. Destinasi ini sudah ada sejak tahun 70-an. Awalnya warung itu berlokasi di Sarinah Plaza. Namun, sekarang berada di kawasan Oro-oro Dowo.

Bentuk sate ayam di warung ini cukup unik. Satu tusuk hanya terdiri dari satu irisan panjang daging ayam. Soal rasa, tak perlu diragukan lagi. Sesuai dengan namanya, saus kacang khas Ponorogo menjadi senjata andalan untuk memikat lidah pelanggan

4. Istana Lesehan

Banyak alasan yang membuat tempat kuliner ini menjadi favorit. Pertama harganya tidak terlalu mahal. Kemudian bangunan yang ada juga unik, berbentuk gazebo. Kita akan dibawa menikmati suasana pedesaan yang sangat alami.

Istana Lesehan menyajikan masakan lokal jawa dan juga ada menu chinese food. Menu unggulannya adalah ikan gurame bakar, ayam bakar dan juga iga sapi bakar. Istana Lesehan ada di Jalan Ir Juanda, Tonatan, Kecamatan Ponorogo, Kabupaten Ponorogo

5. Mbok Mingkem

Mbok Mingkem merupakan warung makan yang memberikan citarasa nikmat nan sedap. Sangat cocok bila datang bersama keluarga maupun dengan orang terkasih. Tidak hanya itu, Mbok Mingkem juga cocok buat acara atau rapat.

Menu andalannya antara lain bebek goreng, bebek belur, bebek bakar, ayam bakar, ayam setan, ayam goreng, nila bakar, Nila acar, lele penyet. Yang wajib dicoba adalah sambalnya. Pilihannya sambal dabu-dabu kecap, sambal korek, sambal kecap, sambal berubuk, Sambal balado teri, sambal terong, sambal nanas, dll.

6. Sate Kopok Pasar Wage Jetis

Ini sate yang sangat khas Ponorogo. Yang hanya bisa kalian jumpai di daerah ini. Bahkan, hanya ada di Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo.
Berbeda dengan sate yang lain, sate yang satu ini tidak dibakar atau dipanggang.

Tampilan sate kopok berlendir dikarenakan sambal kacangnya diencerkan dengan santan kelapa. Sate kopok biasa disajikan dengan sayur yang terdiri dari tolo/loto, tahu dan tempe dengan kuah yang berwarna kuning. Keberadaan sate yang satu ini sudah cukup lama. Bahkan, sudah ada pada masa penjajahan Belanda.

7. Dawet Jabung Bu Sumini

Selain aneka makanan, Ponorogo juga punya minuman khas. Namanya, Dawet Jabung. Minuman ini berasal dari Desa Jabung Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo.

Dawet Jabung sangat enak jika ditemani lentho hangat, tempe goreng hangat serta ote ote. menambah nikmat suasana disiang hari kala itu.

8. Gethuk Golan

Kalau mau mencari gethuk paling top di Ponorogo, datang saja ke Desa Golan Kecamatan Sukorejo. Di sana ada gethuk yang dibuat secara turun temurun. Gethuk yang di buat masyarakat desa Golan masih gethuk murni berwarna putih berbahan utama singkong tanpa ada tambahan gula merah

9. Rumah Makan Lesehatan Tirto

Rumah makan ini menjadikan ikan sebagai menu andalannya. Baik ikan bakar maupun ikan goreng, mulai dari Gurame, Patin, udang, nila ada juga menu bebek dan juga ayam dan masih banyak menu yang lainnya.

Bila anda sedang berada di Kabupaten Ponorogo dan ingin mencicipi enaknya ikan bakar atau goreng anda bisa langsung meluncur ke Rumah makan Tirto wening, beralamat di jalan Soekarno hatta, Banyudono, Kecamatan Ponorogo, Ponorogo.

10. Sego Gegok

Oleh masyarakat Ponorogo, Sego (nasi) Gegok disebut dengan Go Gegok. Konon, Go Gegok makanan favorit para tokoh Warok (orang sakti dalam kesenian Reog). Dengan rasa yang super pedas, Go Gegok seakan menantang para pecinta kuliner untuk mencoba.

Jika sebelumnya makanan ini sulit ditemui, sekarang banyak tersedia di berbagai tempat di Ponorogo, salah satunya di warung MPWG Jalan Prajuritan, Kelurahan Tambakbayan.

Makanan trasional ini terbuat dari bumbu bawang merah, bawang putih, cabai dan rempah yang kemudian digiling menjadi satu.

Setelah semua bumbu dihaluskan, kemudian ditaruh di atas nasi dan dicampur lauk pilihan, diantaranya ayam, ikan, jerohan, udang, tempe, jamur dan berbagai lauk lainnya. Sementara untuk memberikan aroma wangi, bagian atas diberi daun kemangi. Adonan dibungkus dengan daun pisang dan dikukus selama satu jam.(***)

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *