Menanti Gebrakan Maria Vitoria di Malaka

132 0

BETUN – Di Indonesia, nama Maria Vitoria mungkin belum terlalu populer. Tapi di Timor Leste, nama Maria adalah jaminan kualitas. Dengan kualitas suaranya, penyanyi asal Timor Leste ini dikerap menaklukkan panggung festival. Bahkan hingga mancanegara. Kemampuan Maria Vitoria bisa disaksikan saat acara crossborder, Konser Musik Malaka (KMM) 2019.

Konser Musik Malaka digelar 28-29 Maret 2019. Lokasinya di Lapangan Paroki Kamanasa (Misi), Kota Betun, Kabupaten Malaka, Nusa Tenggara Timur (NTT). Selain Maria Vitoria, event ini juga menghadikan Bondan Prakoso.

Menurut Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional III Kemenpar Muh. Ricky Fauziyani, Marria Vitoria sangat bertalenta.

“Talenta bernyanyinya harus diapresiasi. Kekuatan vokalnya luar biasa. Maria punya range besar. Dia tidak terpaku pada satu genre musik. Beberapa genre dinyanyikan dengan sama baiknya. Hal ini sudah dibuktikan Maria pada beberapa event ajang pencarian bakat. Kehadirannya di Malaka tentu sudah ditunggu penggemarnya,” ungkap Ricky, Selasa (5/3).

Maria Vitoria adalah penyanyi muda. Usianya baru 18 tahun. Namun kualitas vokalnya tidak perlu diragukan. Namanya mulai diperhitungkan sejak mengikuti blind audition The Voice Portugal di season 6. Maria membawakan lagu ‘A Moment Like This’ milik Kelly Clarkson. Lagu ini sukses membius para juri.

Puncaknya, Maria menjadi juara The Voice Portugal 2018 yang digelar 30 Desember lalu. Di final, penyanyi yang akrab disapa Marvi mengalahkan 4 rivalnya, yaitu Diana Castro, Soraia Cardoso, Vania Dilac, juga Goncalo Lopes. Lagu yang dibawakannya ‘Over The Rainbow’.

Ricky menambahkan, Maria Vitoria layak menjadi panutan para milenial.

“Bertarung di The Voice Portugal tidaklah mudah. Persaingannya sangat ketat. Tapi dengan mental dan skill-nya, Maria bisa melewati semuanya. Dia bisa menunjukan kapabilitasnya. Ia layak menjadi panutan generasi muda di manapun. Karena itu, kami berharap milenial di perbatasan Timor Leste-NTT juga bisa terinspirasi oleh Maria,” lanjut Ricky.

Ricky pun menilai perjuangan Maria bisa menjadi inspirasi. Sebab, untuk menjadi juara, Maria Vitoria sudah menjalani proses yang panjang. Dia tetap tekun mengasah kemampuan suaranya, lalu mengukurnya melalui kontes menyanyi. Setelah selesai, evaluasi dilakukan untuk perbaikan kualitas.

Selain atmosfer benua Eropa, Maria juga tampil di Dangdut Academy Asia 2 tahun 2016. Keputusan Maria ikut kontes dangdut sangat mengejutkan. Karena, ia tidak memiliki latar belakang musik dangdut. Meski demikian, Maria sukses melaju hingga Konser 4 Besar. Bahkan, ia menjadi satu-satunya kontestan non Indonesia yang tersisa.

Langkahnya terhenti di fase ini setelah mengantongi skor akhir 1.088. Akumulasi itu hanya terpaut 11 point dari Rani (Indonesia). Skor tertinggi diraih Weni (Indonesia) dengan total 1.124. Pada Konser 4 Besar ini, Maria membawakan lagu Mirasantika milik Rhoma Irama dan Zaenal yang dipopulerkan oleh Rita Sugiarto.

Ricky menegaskan, Marvi selalu memberikan kejutan dalam setiap penampilannya.

“Totalitas dalam aksi selalu diperlihatkan Maria. Dia juga selalu menghadirkan banyak kejutan. Untuk itu, silahkan datang ke KMM 2019 di akhir Maret ini. Silahkan bergembira bersama Maria Vitoria. Sebab, aksi terbaik akan ditampilkannya. Jangan sampai terlewatkan momentum ini,” tegas Ricky lagi.

Dengan beragam prestasi yang ditorehkannya, popularitas Maria pun melonjak. Oleh publik perbatasan, Ia menjadi artis yang paling dinanti di episode pertama KMM 2019. Mengacu hasil survei Kemenpar, Maria Vitoria berada di chart atas. Hasil survei offline menempatkan Maria di Top 3 musisi Timor Leste, beraama Gerson, dan Galaxy/Cidalya. Juga Top 3 untuk survei online bersama Cidalia, dan Gerson.

“Maria Vitoria memang memiliki kapasitas besar. Kreativitas dan inovasinya luar biasa. Ada banyak hal baru yang dicobanya. Dengan usianya yang belia, hal ini bagus untuk memperkaya khasanah bermusiknya. Dia ini karakter penyanyi yang memiliki pemikiran maju,” tutup Menteri Pariwisata Arif Yahya. (*)

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *