Menikmati Wisata Offroad Lava Tour di Gunung Guntur Garut

26 0

GARUT – Salah satu daya tarik wisata di Kabupaten Garut adalah lava tour. Ya, lahar bekas letusan Gunung Guntur dua abad silam telah membentuk trek yang dapat menguji adrenaline wisatawan saat menjelajahnya. Ya, destinasi adventure ini ada di kabupaten berjuluk Swiss Van Java itu.

Menjelajahi lava tour menggunakan jeep menambah kesan tersendiri. Apalagi trek sejauh lima kilometer itu benar-benar masih alami. Semakin menantang manakala batu-batu bekas lahar panas Gunung Guntur yang telah membeku dibiarkan memenuhi badan lintasan. Tentu saja semakin membuat aliran darah berdesir kencang mengaliri seluruh tubuh.

Tak dapat dipungkiri, salah satu kekuatan wisata di Garut panorama alamnya yang cukup asri. Ya, Kabupaten Garut memang kaya potensi. Hampir seluruh potensi itu kini telah disulap menjadi daya tarik wisata yang patut untuk kita kunjungi. Salah satu yang menarik adalah menikmati wisata offroad di Gunung Guntur. Adalah Kumpulan Jeep Anak Garut (Kujang) yang secara konsisten mempromosikan offroad di Gunung Guntur ini.

Bersama Komunitas Kujang, rombongan Kemenparekraf/Baparekraf diajak menikmati wisata offroad melintasi medan yang sulit dan jalan terjal dikelilingi hutan dan kebun sayuran milik warga setempat. Tentu saja hal itu menambah sensasi tersendiri dalam menguji adrenaline kita. Jalur wisata offroad di Gunung Guntur menyajikan suasana berbatu dan pemandangan alam Gunung Guntur. Gunung Guntur sendiri masih tergolong gunung api aktif.

Tentu saja pengembangan potensi wisata offroad ini juga mendapat perhatian dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) agar dapat menjadi atraksi yang terus mendatangkan wisatawan berlibur ke Garut. Koordinator Pemasaran Pariwisata Regional I Area I Kemenparekraf/Baparekraf, Taufik Nurhidayat salah satu kekuatan pariwisata adalah atraksi, amenitas dan aksesibilitas. Kabupaten Garut, amat memenuhi ketiga unsur tersebut. Apalagi jika ditinjau dari aspek atraksi, Garut menawarkan beragam pilihan destinasi untuk dinikmati oleh wisatawan, salah satunya adalah affroad di Gunung Guntur ini.

“Offroad di Gunung Guntur ini selain wisatawan akan merasakan sensasi petualangan adventur yang memacu adrenaline, juga mendapatkan pemandangan panorama alam yang indah, yang menadi kekuatan destinasi wisata di sini,” kata Taufik, Jumat (30/10/2020). Ia melanjutkan, wisata lava tour ini patut untuk dikembangkan. Wisata petualang ini adalah cara lain yan ditawarkan untuk mengeksplor keindahan panorama alam Gunung Guntur.

“Wisata petualangan ini menambah khasanah atraksi wisata di Kabupaten Garut. Tentu difenrensiasi ini menjadi kekuatan tersendiri untuk semakin mengembangkan pariwisata di Garut. Dan kami sangat mendukung ini,” ujarnya.

Anggota Komisi X DPR RI, Ferdiansyah menerangkan, meski wisata petualang ini memacu adrenaline, namun ia juga tak melepaskan tren wisata yang berkembang belakangan ini yaitu spot Instagrammble. “Trek wisata lava tour ini juga cukup Instagrammable. Jadi relevan dengan kebutuhan wisata di era digital saat ini,” tutur dia.

Kabupaten Garut, Ferdiansyah melanjutkan, 80 persen kekuatan pariwisatanya adalah berbasis alam. Kekuatan pariwisata Garut lainnya adalah seni dan budaya. “Kekayaan alam dan seni-budaya ini harus terus dilestarikan agar sektor pariwisata Garut memiliki filosofi yang kuat. Eksplorasi kekayaan alam dan seni-budaya Garut dalam konteks pariwisata pasti akan memberi nilai tambah bagi perkonomian masyarakat,” kata Ferdiansyah.

Direktur Pemasaran Regional I, Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf, Vinsensius Jemadu menambahkan, lava tour ini di Garut ini harus terus didukung dan dipromosikan, sehingga mendapat porsi seimbang dalam hal pemasarannya. Sebagai destinasi yang terbilang baru, namun ia memiliki atraksi dan pasarnya tersendiri. “Lava tour ini punya pasar sendiri. Bahkan, yang bukan pecinta offroad atau adventure pun tertantang untuk ikut menikmati terjalnya trek lava tour. Jadi ini harus didukung dan terus dikembangkan, selain tetap dipertahankan diferensiasinya dengan lava tour daerah lain. Kekuatannya adalah masih alaminya trek di sini,” kata dia. (*)

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *