Mutiara Carita Cottages Jadi Meeting Point Wisata Pantai, Gunung dan Geosite

46 0

Jakarta – Apa yang ada di benak Anda ketika mendengar kata Carita? Ya, pasti yang terbersit adalah keindahan pantai dengan pasir yang putih jernih. Namun faktanya, Kecamatan Carita yang terletak di Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten tak melulu soal pantai. Ada banyak destinasi unik nan menarik lainnya yang patut dikunjungi.

Ya, boleh dibilang Carita merupakan destinasi terpadu yang lengkap antara pantai, gunung, air terjun, budaya dan wisata sejarah. Salah satu petilasan yang sudah dikenal masyarakat Carita dan Banten adalah kolam penyembuhan berbagai penyakit yang dikaitkan dengan legenda Ki Daud. Petilasan tersebut dikenal dengan nama Cangkrung Ki Daud yang sekarang terletak di dalam komplek Mutiara Carita Cottages.Anda tinggal mengatur jadwal yang baik saja untuk menjangkau destinasi tersebut. Soal tempat menginap, ada baiknya memilih Mutiara Carita Cottages sebagai meeting point.

Lokasinya memang cukup strategis, berada di pusat destinasi wisata wisata tersebut . Cottages yang terletak di Jalan Raya Carita Labuan Km 7, Kabupaten Pandeglang itu menyiapkan paket-paket wisata yang bisa menjangkau seluruh destinasi di kawasan Pandeglang dan sekitarnya.

Komisaris PT Mutiara Hitam Pertiwi (MHP) selaku pengelola Mutiara Carita Cottages, Bambang Irianto mengakui keunikan kawasan Carita. Meski terkenal dengan hamparan luas pantai, namun di Carita juga terdapat banyak pepohonan besar , perbukitan dan pegunungan yang membuat kawasan tersebut menjadi sejuk dan nyaman.

“Memang di sekitar Carita ini unik. Ada pantai, ada pula Gunung Aseupan yang membuat udara di sini menjadi sejuk. Biasanya di pantai itu kan panas, ya. Tetapi di sini udaranya cukup segar berbeda dengan daerah pantai lainnya,” kata Bambang saat berbincang dengan sejumlah wartawan, Selasa(21/7/2020).

General Manager Mutiara Carita Cottages, Alfanshah Abdullah menambahkan, sejumlah spot destinasi wisata mulai dari pantai, gunung, air terjun, pemandian air panas, geosite, budaya dan lain sebagainya bisa menjadi atraksi yang menarik bagi wisatawan yang datang berkunjung.

“Jadi sebetulnya Carita ini memiliki destinasi wisata yang cukup lengkap. Wisatawan memiliki banyak pilihan destinasi yang bisa dikunjungi. Berbagai macam akomodasi juga tersedia, salah satunya kami, Mutiara Carita Cottages dengan berbagai fasilitas dan atraksi yang kami miliki,” papar dia.

Sales Manager Mutiara Carita Cottages, Yani Heryani menuturkan jika cottages yang dikelolanya memiliki berbagai paket wisata ke sejumlah destinasi. “Ada paket wisata ke Krakatau direct langsung dari Mutiara Carita Cottages. Di sana mereka bisa snorkeling dan camping di induk Gunung Krakatau-nya. Kami juga menjual paket wisata ke masyarakat Baduy. Ada juga paket wisata Ujung Kulon bagi mereka yang suka adventure,”katanya.

Ada banyak spot wisata yang bisa kita nikmati di Ujung Kulon. Salah satunya adalah melihat badak cula satu. Bisa pula berwisata ke Sungai Cigenter menggunakan kano hingga ke tengah hutan dan menyaksikan hewan liar yang hidup di hutan tersebut.

“Bisa juga ke Pulau Peucang yang pernah dikunjungi oleh Pangeran Charles dan Lady Diana. Pada zaman dahulu, kapal pesiar dari Jerman menuju Australia selalu singgah di sana. Wisatawan biasanya mandi di sana,” jelas Yani.

“Ada juga paket adventure ke geosite Curug Gendang dan Curug Putri yang memiliki sedimen batu cukup bagus dan sudah sangat tua,” tambah Yani. Faris Sunandar, guide lokal yang memandu ke Curug Putri menuturkan, sejauh ini salah satunya Mutiara Carita Cottages yang berkolaborasi dengan guide lokal dan masyarakat setempat.
Faris juga ikut terlibat di dalam pemulihan terumbu karang yang salah satunya berada di kawasan Mutiara Carita Cottages. Dengan melakukan konservasi dan transplantasi coral yang sudah dilakukan kurang lebih 1 tahunan tersebut, sekarang kita bisa menikmati atraksi pemberian makan ikan hias setiap hari pagi dan sore di dermaga Mutiara Carita Cottages. Kedepan juga akan di ditanam rumpon rumpon yang tidak jauh dari dermaga Mutiara Carita Cottages. Kita sudah tahu kalau rumpon rumpon tersebut merupakan tempat berbagai ikan berkumpul sehingga kedepannya ada fasilitas memancing yang menarik di Carita.

Faris pun sering memandu tamu yang menginap di Mutiara Carita Cottages. Salah satu petualangan menarik adalah mengunjungi geosite Curug Putri. Jika berjalan kaki dari jalan raya hingga ke lokasi yang sangat eksotis itu membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam. “Itu kalau jalan kaki. Kalau naik kendaraan, tetapi hanya bisa motor tidak bisa mobil, itu kurang lebih sepuluh menit hingga sampai di parkiran,” ujarnya.

Selanjutnya, kita harus berjalan kaki kurang lebih 30-40 menit untuk tiba di lokasi dengan bebatuan cantik yang cukup tinggi di kanan kiri. “Untuk jarak tempuh kurang lebih sekitar tujuh kilometer. Lokasinya berada di Taman hutan raya (Tahura). Sebetulnya di sini ada 25 spot air terjun. Tetapi yang terdekat adalah Curug Gendang dan Curug Putri.

“Kita melewati jalan setapak dengan tebing yang tinggi dan jurang di sebelahnya. Di perjalanan kita bisa menyaksikan hewan endemik khas di sini seperti monyet, lutung dan burung-burung. Jadi geosite ini sudah ribuan tahun lalu terbentuk akibat dari letusan gunung api purba. Ada batu lava-nya,” papar dia.

Untuk mencapai Curug Putri kita akan melalui jalur arus air secara berlawanan dengan ketinggian air ada yang dalam dan dangkal. Di lokasi yang dangkal kita bisa melintasi melalui bebatuan besar. Sementara saat air dalam, kita harus berenang. Tenang saja, pengelola sudah menyiapkan pelampung agar tak tenggelam. Di kanan kiri kita terdapat geosite, bebatuan yang terbentuk ribuan tahun lalu dengan ketinggian sekitar enam meter. Warna cokelat, hijau dan kebiruan dari bebatuan menambah eksotis lokasi ini. Meski cukup menguras energi, namun itu semua terbayarkan dengan keindahan di sekitar lokasi Curug Putri. Anda tertarik mengunjunginya? Silakan langsung datang ke Mutiara Carita Cottages dan nikmati paket wisata yang telah disiapkan.(*)

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *