Optimalisasi Pasar Domestik, Paket Wisata 9 Destinasi Nusantara Dibranding di Medan

64 0

MEDAN – Program Misi Penjualan Pasar Nusantara 2020 edisi Medan menjadi galeri branding destinasi besar Indonesia. Kebijakan tersebut sebagai bentuk optimalisasi pasar domestik sepanjang masa transisi New Normal. Apalagi, Medan dan Sumatera Utara (Sumut) memiliki outbound yang kompetitif. Spot ini dihubungkan dengan 9 destinasi eksotis nusantara. Paketnya berlaku selama masa transisi New Normal.

Misi Penjualan Pasar Nusantara 2020 digelar 21-22 November. Lokasinya ada di Cambridge City Square, Medan, Sumut. Pameran tersebut diikuti 7 pelaku industri pariwisata dan ekonomi kreatif. Sebanyak 71% slotnya diisi Travel Agent dan Tour Operator (TA/TO). Komposisi lainnya yaitu, para pelaku UMKM. Dari TA/TO yang aktif, ada 3 yang membuka akses menuju 9 destinasi nusantara dengan poros Medan.

Destinasi yang dihubungkan adalah Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Bali, hingga Labuan Bajo (Komodo). Ada juga Belitung, Padang-Bukit Tinggi, Pontianak-Singkawang, Belitung, juga Banda Aceh. Adapun TA/TO yang membuka paket tersebut yaitu, Narasindo Tour, Super 9 Holiday Expert, dan Ravelino Tour & Travel. Tour Planning & Development Director Narasindo Tour Joe Nasroen mengatakan, outbound Medan memiliki nilai bisnis positif.

“Kami biasanya jual paket ini ke wisatawan Malaysia. Karena Covid-19, sekarang dijual ke wisatawan Medan dan sekitarnya. Mereka selama ini sering ke luar negeri untuk belanja, tapi kini posisinya tidak bisa ke mana-mana. Sekarang mereka mengalihkan kunjungan ke Jakarta dan Bandung untuk shopping. Mereka biasanya beli baju, sepatu dan tas-tas khas otentik,” ungkap Joe.

Beralih mengoptimalkan outbound Medan dan Sumut, Narasindo menawarkan paket wisata destinasi Jakarta, Bandung, Padang-Bukit Tinggi, dan Banda Aceh. Gambaran untuk paket Jakarta/Bandung Tour 4D3N, banderol ditawarkan Rp504 Ribu/Pax hingga Rp2,895 Ribu/Pax menurut jumlah peserta. Paket Bandung Tour 3D2N dihargai Rp330 Ribu/Pax sampai Rp1,915 Juta/Pax.

“Industri pariwisata memang harus jeli membaca peluang pasar. Tetap ada celah dan potensi bisnis yang bisa dimanfaatkan dari kondisi pandemi Covid-19. Potensi menjanjikan pasar Medan dan Sumut tentu harus dimaksimalkan. Apalagi, brandingnya semakin kuat karena ada Misi Penjualan Pasar Nusantara,” terang Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumut Ria Nofida Talaumbanua.

Lebih lanjut, Narasindo menawarkan 2 varian paket wisata ke Padang-Bukit Tinggi. Ada paket Padang-Bukit Tinggi Tour 3D2N dengan harga Rp423,5 Ribu/Pax sampai Rp2,155 Juta/Pax. Alternatif lain 4D3N dengan banderol Rp678 Ribu/Pax hingga Rp3,01 Juta/Pax. Untuk Banda Aceh ada 2 varian, seperti Banda Aceh Tour 3D2N dengan harga Rp396 Ribu/Pax sampai Rp1,79 Juta/Pax. Slot lainnya adalah 4D3N yang memiliki harga Rp594 Ribu/Pax sampai Rp2,51 Juta/Pax. Informasi detail di nomor 081264047171.

“Upaya terus mengembalikan iklim bisnis industri pariwisata terus dilakukan. Dengan bergulirnya masa New Normal, sudah seharusnya TA/TO menjual paket ke luar zona Sumut. Produk mereka pasti akan terserap karena pasar Medan dan Sumut itu kuat. Ya, potensi outbound yang ada harus maksimalkan,” tegas Direktur Pemasaran Pariwisata Regional I Kemenparekraf Vinsensius Jemadu.

Sama seperti Narasindo, optimalisasi pasar domestik dilakukan Super 9 Holiday Expert dengan 5 spot. Ada destinasi Yogyakarta, Labuan Bajo, Sumatera Barat, Bangka Belitung, hingga Pontianak-Singkawang. Paket 4D3N Discover Yogyakarta dibanderol Rp2,49 Juta/Pax. Untuk paket 4D3N Komodo Tour dihargai Rp5,45 Juta/Pax hingga Rp5,92 Juta/Pax, lalu 3D2N dibanderol Rp4,47 Juta/Pax sampai Rp5,49 Juta/Pax.

Super 9 juga menawarkan paket kompetitif 4D3N Fantastic of West Sumatera dengan harga Rp2,91 Juta/Pax. Untuk paket 5 Hari Wisata Eksotis Bangka Belitung diberi label Rp3,58 Juta/Pax, lalu 4 Hari Konsorsium Pontianak-Singkawang dihargai Rp2,262 Juta/Pax. Informasi detail silahkan menghubungi nomor (061) 4575167.

“Promosi gencar harus dilakukan agar pergerakan wisatawan makin besar dan merata. Membuka kran wisata ke destinasi lain di luar Sumut harus dilakukan. Sebab, aksesibilitasnya sudah ada. Wisatawan juga dijamin kesehatan dan keselamatannya melalui CHSE. Jadi, silahkan ambil paket yang ditawarkan,” tegas Koordinator Pemasaran Pariwisata Regional I Kemenparekraf Taufik Nurhidayat.

Membangun koneksi bisnis dengan poros Medan dan Sumut, Ravelino melayani paket wisata menuju 4 destinasi. Ada Bandung (2 varian), Yogyakarta (2 varian), Bali, dan Labuan Bajo (3 varian). Untuk paket wisata 4D3N Bandung dihargai Rp2,85 Juta/Pax hingga Rp2,95 Juta/Pax, lalu paket 4D3N diberi label Rp2,5 Juta/Pax sampai Rp2,8 Juta/Pax. Paket Komodo Tour (Labuan Bajo) diberi banderol atas Rp7,6 Juta.

“Membuka akses menuju destinasi lain akan mengurai kejenuhan pasar. Sebab, selalu ada hal baru yang bisa dinikmati wisatawan. Tinggal brandingnya digencarkan lagi karena produk paketnya beragam. Hal ini untuk menguatkan dan meluaskan pasar. Kami tawarkan kepada TA/TO bergabung bersama BliBli Travel,” tutup Vice President Blibli Travel Theresia Magdalena.(*)

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *