Pemkab Malang Beri Penghargaan ke Pelaku Usaha Pariwisata

162 0

MALANG – Pemerintah Kabupaten Malang memberikan apresiasi kepada pelaku usaha sektor pariwisata. Apresiasi diberikan melalui penghargaan Malang Tourism Award, di Kantor Bupati Kepanjen, Jumat (15/11) malam.

Malang Tourism Award baru pertama kali diadakan oleh Pemerintah Daerah. Penghargaan ini bertujuan sebagai pemacu agar para pelaku wisata bisa lebih mengembangkan pariwisata secara berkelanjutan.

Menurut Asisten Deputi Pengembangan Destinasi Pariwisata Regional II Kemenparekraf Wawan Gunawan, penghargaan seperti ini bisa merangsang pertumbuhan sektor pariwisata Malang.

“Malang Tourism Award adalah ajang yang sangat positif buat memacu pertumbuhan sektor pariwisata di Kabupaten Malang semakin nyata. Karena, para pelaku industri pariwisata akan merasa jika apa yang mereka lalukan diapresiasi pemerintah daerah,” papar Wawan Gunawan, Senin (18/11).

Malang Tourism Award terbagi dalam 4 bidang yaitu Bidang Budaya, Bidang Pemasaran, Bidang Pengembangan Industri, dan Bidang Destinasi Pariwisata. Masing – masing bidang membagi awarding dalam 3 kategori dan 3 nominasi dalam setiap kategori di setiap bidang.

Rinciannya, bidang industri terdiri dari kategori hotel bintang, hotel non bintang, kuliner, homestay, dan travel.

Selanjutnya bidang destinasi terdiri dari kategori pokdarwis, daya tarik wisata, dan desa wisata. Dari bidang kebudayaan, terdiri dari kategori pelaku seni, pelestarian sejarah cagar budaya, dan upacara adat tradisi. Terakhir dari bidang pemasaran, terdiri dari kategori best event tourism, best supporting community, dan best media tourism. Secara keseluruhan, terdapat 45 nominator yang bersaing dalam penghargaan ini.

Malang Tourism Award juga memberikan hiburan menarik bagi seluruh masyarakat Kabupaten Malang. Mulai dari tatanan panggung, lighting, hingga red carpet.

Sebelum pemberian award, acara dibuka dengan penampilan tari kontemporer yang dipadukan dengan tari modern. Selanjutnya para tamu dihibur oleh alunan lagu yang dibawakan Silver Band dan orkestra. Tak hanya itu, penampilan dari Pesona Gondanglegi juga semakin menyemarakkan acara ini. Mereka menampilkan kostum dengan tema Dayak Borneo. Selanjutnya, juga ada penampilan tari 1000 tangan.

Pada kesempatan itu, Bupati Malang HM Sanusi juga sempat memberikan simbolis 4 buah buku tentang sejarah budaya kepada Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang Rahmat Hardiono.
Sanusi mengatakan, pemberian penghargaan ini bisa memacu perkembangan pariwisata berkelanjutan.

“Dengan adanya penghargaan ini, diharapkan bisa meningkatkan motivasi pelaku pariwisata dalam kontribusi pembangunan pariwisata,” ujarnya.

Selain itu, Malang Tourism Award juga diharapkan bisa menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap wisata daerah, yang menjadi kekuatan penting untuk mendongkrak kemajuan pariwisata di Kabupaten Malang.

Sanusi mengungkapkan, dengan digelarnya acara ini, menambah deretan event yang diawali dari Kabupaten Malang. “Hampir semua event nasional diawali di Kabupaten Malang,” kata dia.

Menurutnya, hal ini merupakan komitmen pemerintah untuk memberdayakan dan melibatkan industri pariwisata.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Malang Dr Made Arya Wedanthara mengatakan, acara ini sebagai bentuk apresiasi kepada seluruh komponen pelaku pariwisata Kabupaten Malang dalam mewujudkan iklim yang kondusif dan destinasi wisata, bagi tumbuh kembangnya pariwisata di daerah setempat.

“Dengan adanya penghargaan tersebut, diharapkan menjadi motivasi bagi para pelaku pariwisata untuk meningkatkan pelayanan dan fasilitas,” ujarnya.

Selain itu, juga untuk meningkatkan kualitas kerja pelaku pariwisata, serta meningkatkan wisatawan yang ada di Kabupaten Malang.

Sedangkan Sementara Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Kemenparekraf Dadang Rizki Ratman berharap Pemkab Malang terus merangkul pelaku industri pariwisata.

“Pariwisata tidak bisa maju jika hanya mengandalkan pemerintah. Stakeholder juga harus dilibatkan, termasuk juga para pelaku usaha. Namun, mereka jangan hanya dibebani, tetapi juga harus mendapatkan apresiasi atas capaian mereka. Salah satunya bisa lewat award. Cara ini sungguh luar biasa,” kata Dadang.(*)

BERIKUT PERAIH MALANG TOURISM AWARD

Bidang Industri
Kategori hotel bintang : Hotel Solaris
Kategori hotel non bintang : Hotel Tidar
Kategori Kuliner : Resto Kantri
Kategori homestay : Homestay Maria Ngadas
Kategori travel : Ramidi Setia

Bidang Destinasi
Kategori Pokdarwis : Desa Jambuwer
Kategori daya tarik : Pantai Balaikambang
Kategori Desa Wisata : Desa Wisata PKK Waturejo

Bidang Kebudayaan
Kategori Pelaku Seni : Ki Soleh Adi Pramono
Kategori Pelestarian Sejarah Cagar : Nuryadi Toyomarto
Kategori Upacara Adat : Upacara Adat Desa Ngadas

Bidang Pemasaran
Best Event Tourism : Pesona Gondanglegi
Best Supporting Community : Mbois Community
Kategori Best Media : @exploremalang

Best Tourism Management : Pujon Kidul
Best Tourism Community : Gubug Klakah
Apresiasi Terhadap Pelestari Adat dan Budaya pada Widyaningsih

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *