Petani Bangkalan Dikenalkan dengan Manfaat Kartu Tani

11 0

MADURA – Manfaat memiliki Kartu Tani disosialisasikan kepada petani di Bangkalan, Madura, Jawa Timur. Kementerian Pertanian berharap petani memahami dengan baik manfaat Kartu Tani yang memiliki banyak manfaat untuk para petani.

Menurut Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Kartu Tani memiliki banyak manfaat buat petani, lebih dari sekadar menyalurkan pupuk bersubsidi.

“Sebagai tahap awal, Kartu Tani memang digunakan sebagai sarana untuk mendukung penyaluran pupuk subsidi. Tapi pemerintah akan memanfaatkan Kartu Tani lebih dari dari. Kartu Tani akan menjadi acuan pemerintah dalam menyalurkan program bantuan ke depannya,” kata Mentan SYL, Senin (21/9/2020).

Sementara Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian, Sarwo Edhy menjelaskan jika penggunaan Kartu Tani akan dilakukan secara bertahap.

“Sebagai tahap awal, Kartu Tani akan dilaksanakan di 4 wilayah saja, yaitu Pulau Jawa, Madura, Sumbawa, dan Sumbawa Barat. Sedangkan di tahun 2021, kita targetkan penggunaan Kartu Tani bisa efektif diterapkan di seluruh Tanah Air,” tuturnya.

Dijelaskan Sarwo Edhy, pada masa transisi ini Kementerian Pertanian juga menyiapkan skema agar penyaluran pupuk subsidi tetap bisa berjalan maksimal.

“Untuk petani yang belum mendapatkan Kartu Tani, kita pastikan tetap bisa mendapatkan pupuk subsidi secara manual. Karena kita tetap menggunakan data di eRDKK,” terang Sarwo Edhy.

Sedangkan Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan (Disnatahorbun) Kabupaten Bangkalan Puguh Santoso mengatakan Kartu Tani cukup penting.

“Jadi pemerintah pusat memudahkan petani, cuma kesan awalnya agak ribet tapi enak nantinya dengan kartu tani itu,” kata Puguh.

Untuk mengajukan kartu tani itu, Puguh meminta para petani mendaftar kepada penyuluh pertanian di setiap kecamatan melalui kelompok tani (Poktan) masing- masing.

“Caranya bawa KTP dan KSK kepada penyuluh melalui kelompok tani di desa masing- masing. Nanti akan diteruskan ke BNI dan akan dibuatkan formulir,” terang dia.(*)

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *