PIK2 Masuk PSN, Taufan Rahmadi: Indonesia Makin Ramah untuk Investasi Pariwisata

31 0

JAKARTA – Pantai Indah Kapuk Dua (PIK2) menjadi Proyek Strategis Nasional (PSN). Pakar Strategi Pariwisata Nasional Taufan Rahmadi menyampaikan, penetapan PIK2 sebagai PSN menjadi tonggak baru bagi pengembang untuk lebih berdampak lebih luas sehingga bukan hanya membangun infrastruktur dan fasilitas yang diperlukan untuk hunian dan kegiatan komersial, tetapi juga sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Saat ini, PIK2 merencanakan ekspansi target pasar baru yakni destinasi pariwisata baru di pesisir pantai Tangerang Utara dengan total cakupan area sekitar 1.755 hektar, dengan harapan target-target yang telah diidentifikasi dapat tercapai.

“Proyek ini, menurut saya dapat menyerap lapangan kerja baru sekitar 30.000 orang. Target lainnya dari proyek ini adalah memperoleh kunjungan wisatawan baik domestik maupun asing sekitar 10 juta wisman per tahun,” ujar Taufan.

“Penetapan ini tidak saja merupakan bentuk terobosan kebijakan dari Presiden Jokowi di penghujung masa pemerintahannya melainkan juga adalah bentuk dari semakin tingginya minat para investor untuk membangun usaha di sektor pariwisata di Indonesia pasca pandemi,” kata Tim Pakar TKN Prabowo-Gibran ini.

Selain dapat meningkatkan pendapatan bagi daerah maupun pusat, lanjut Taufan, dengan hadirnya kawasan pariwisata diharapkan dapat mengurangi terjadinya gap ekonomi dan sosial di masyarakat.

“Ini juga menunjukkan semakin meningkatkan brand equity dari Indonesia sebagai negara yang ramah bagi investasi pariwisata,” lanjutnya.

Peraih penghargaan Tourism Inspirational Figure 2022 ini menambahkan, penetapan ini juga selaras dengan visi misi Prabowo Gibran yang tercantum dalam Asta Cita yaitu mewujudkan destinasi-destinasi tematik yang di dalam pengembangannya diharapkan berdampak pada kemajuan ekonomi masyarakat dan mempertahankan jati diri pariwisata Indonesia.

“Apalagi proyek ini mendapatkan komitmen dari Badan Usaha Pengusul PSN untuk melakukan pembangunan secara bertahap dengan dana nya sendiri,” pungkasnya.

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *