Poltekpar Medan dan STIE YAPARI Realisasikan Kerjasama Melalui Sosialisasi Publikasi Ilmiah

90 0

MEDAN – Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Medan dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Pariwisata Yayasan Pariwisata Indonesia (Yapari) AKTRIPA merealisasikan kerjasama melalui sosialisasi Publikasi Ilmiah. Kegiatan ini berlangsung 25 November 2019 di Ruang Toba Politeknik Pariwisata Medan.

“Sebelumnya kita sudah sepakat kerjasama yang kita lakukan adalah dalam bidang jurnal penelitian. Hal itu kita sepakati dalam pertemuan yang dilaksanakan di Bandung, Bulan mei 2019 yang lalu,” kata Direktur Politeknik Pariwisata Medan Anawari Masatip.

Menurutnya, jurnal penelitian yang terbit di jurnal internasional dan nasional yang terakreditasi sangat penting. Tujuannya untuk penyerbaluasan gagasan atau ide keilmuan kepada publik.

“Bagi dosen, jurnal penelitian berfungsi untuk meningkatkan reputasi ilmiah penulis dan sebagai salah satu syarat kenaikan pangkat. Publikasi ilmiah melalui jurnal nasional terakreditasi merupakan salah satu tuntutan akreditasi untuk kampus,” tambahnya.

Proses akreditasi ini harus melewati tahapan-tahapan yang cukup panjang dan memakan waktu. Sehingga harus bekerja sama dengan kampus-kampus yang telah memiliki jurnal terakreditasi.

Tim Pengelola Tourism Scientific Journal (TSJ) jurnal nasional terakreditasi dengan peringkat Sinta 4 yang dibina oleh Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata YAPARI hadir menjadi narasumber dalam kegiatan ini. Sedangkan peserta yang hadir adalah seluruh dosen dan instruktur Poltekpar Medan. Topik yang dibawakan adalah publikasi ilmiah, pengelolaan jurnal ilmiah dan Novelty in Tourism Research.

Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Ni Wayan Giri Adnyani mengatakan, untuk mendapatkan sertifikasi perguruan tinggi secara nasional/internasional, kampus harus memilili 20 judul jurnal. Dan harus terbit secara nasional. Bukan hanya itu 40 judul yang terbit secara internasional serta telah terakreditasi.

“Ini merupakan salah satu tugas yang harus dipenuhi oleh setiap PTNP pariwisata. Poltekpar Medan saat ini harus merencanakan dengan baik untuk meningkatkan peranan kampus dan akresditasi jurnal” ujar Ni Wayan Giri Adnyani.

Diharapkan melalui kegiatan ini dosen-dosen dan instruktur Poltekpar Medan bisa menerbitkan hasil penelitian mereka dan mendapatkan cum yang baik untuk peningkatan perananan kampus dan syarat kenaikan pangkat dosen nantinya.(***)

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *