Raja Ampat Lengkapi Atraksi Lewat Festival Pesona Misool 2019

92 0

RAJA AMPAT – Raja Ampat akan kembali menggelar atraksi berkelas. Namanya Festival Pesona Misool 2019. Atraksi yang juga terintegrasi dengan Festival Pesona Raja Ampat itu, akan digelar 23-25 November 2019.

Menurut Deputi Bidang Pemasaran I Kemenparekraf Rizki Handayani, festival ini akan mengangkat bagian selatan Raja Ampat.

“Festival Pesona Misool 2019 lebih mengangkat bagian selatan Raja Ampat. Khususnya kawasan Misool. Festival ini menjadi bagian integrasi dari Festival Pesona Raja Ampat yang sudah berlangsung di bagian utara Raja Ampat, khususnya kawasan Waigeo, Batanta dan Salawati,” papar Rizki, Minggu (17/11).

Menurutnya, kehadiran Festival Pesona Misool 2019 sudah sangat ditunggu-tunggu. Khususnya masyarakat dan pelaku industri tourism di kawasan Misool.

“Secara geografis posisi Misool cukup jauh dari ibukota Kabupaten Waisai. Namun Misool memiliki akses yang sama memadai seperti Waisai. Akses laut itu menggunakan antara Sorong-Waisai dengan Sorong-Misool. Lewat festival ini, akses menuju Misool. Akan jauh lebih mudah buat wisatawan,” kata Rizki lagi.

Pelaksanaan Festival Pesona Misool 2019 akan menampilkan banyak hal menarik yang bisa dinikmati wisatawan.

Ada Gelar Karya Kerajinan Tradisional
yang menampilkan hasil kerajinan tradisional kawasan Misool. Seperti Kerajinan kerang mutiara laut, Anyaman Noken, Abon ikan, Kuliner olahan ikan khas Misool, dan Kuliner olahan sagu.

Ada juga Panggung Seni
yang menampilkan kesenian-kesenian dari empat distrik kawasan Misool. Seperti Tari Gaba-Gaba yang energik, Tari Wala yang sarat pesan-pesan kehidupan. Tarian ini sudah diakui sebagai warisan budaya tak benda nasional. Kemudian Tari Sawat dengan rebananya, Tari Langka/Pencak Silat yang sportif, Tari Lalayon yang gemulai berpasangan.

Ada juga Tari Setan Gemutu yang epik, Tari Cakalele refleksi perjuangan, Parade Perahu dari masing-masing kampung dan distrik.

“Yang paling ditunggu adalah Tour Wisata Kawasan Misool. Dalam tur ini, wisatawan diajak menjelajah ke destinasi-destinasi di kawasan Misool. Ada juga aktivitas Sea Kayaking di sekitar teluk dan laguna-laguna kawasan Misool,” ujarnya.

Rizki Handayani mengatakan, Raja Ampat harus diperkaya dengan atraksi. Tujuannya untuk menarik lebih banyak wisatawan.

“Inovasi atraksi harus terus dilakukan di Raja Ampat. Hadirkan event kreatif dengan value tinggi untuk menghadirikan wisatawan mancanegara. Sebagai destinasi kelas dunia, Raja Ampat harus memiliki atraksi berkelas,” kata Rizki.

Rizki pun yakin Festival Pesona Misool 2019 akan menambah kaya atraksi di Raja Ampat.(*)

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *