Serius Jadi Destinasi Kelas Dunia, Maluku Siapkan 60 Event tahun 2020

83 0

JAKARTA – Maluku sangat serius ingin menjadi destinasi kelas dunia. Untuk menarik wisatawan dalam jumlah masif, sebanyak 60 event bakal digelar sepanjang tahun 2020. Semua terangkum dalam Maluku Calendar Event 2020.

Menurut Gubernur Maluku Murad Ismail, 60 event yang disiapkan sepanjang tahun ini sangat beragam dan akan memanjakan wisatawan.

“Kita siapkan 60 event berkualitas selama setahun. Event yang akan membuat wisatawan mendapatkan pengalaman yang akan susah mereka lupakan selama di Maluku. Untuk itu, saya mengajak seluruh wisatawan, Mari Ka Maluku,” ajak Murad Ismail, Minggu (16/02/2020).

Maluku Calendar Event 2020 memiliki acara yang sangat beragam. Berisi sejarah, budaya, bahari, musik, religi, dan masih banyak lagi.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Maluku, Marcus J Patinama, mengaku sangat yakin 60 event yang disajikan mampu menarik minat wisatawan.

“Apalagi event yang akan kita sajikan sangat beragam. Untuk sejarah, kita punya event yang bertema pahlawan seperti Christina Martha Tiahahu yang digelar Januari lalu, kemudian ada Pattimura Festival, termasuk Kartini Festival,” tuturnya.

Event budaya lebih beragam lagi. Lebih banyak pilihan, seperti Pukul Sapu, Antar Dulang, Ab’dau Festival, Mangente Wakate di Pulau Seram, dan masih banyak lagi.

“Untuk bahari, kita punya banyak event berlevel internasional. Ada Wonderful Sail To Indonesia 2020, Amboina Underwater Photography, Rally Yacht to Buru Namlea, Darwin to Ambon Yacht Race, dan beberapa event lainnya,” terang Marcus Patinama.

Maluku Calendar Event 2020 juga akan mempertegas Ambon sebagai Kota Musik Dunia. Karena, ada beberapa agenda musik yang akan digelar. Seperti Glenn Fredly Live in Concert, International Music Conference, Amboina Jazz Plus Fest, Amboina International Music Festival, Amboina International Choir, juga Christmas Choir.

Direktur Pengembangan Destinasi Regional II Kemenparekraf Wawan Gunawan, memberikan apresiasi positif terhadap upaya positif Pemerintah Provinsi Maluku untuk menjadi destinasi kelas dunia dengan pembenahan destinasi dan banyak menggelar event bertaraf internasional. Semiga apa yang diharapkan Gubernur Maluku dengan Pulau Banda bisa seperti Bali baru menjadi destinasi super prioritas nasional di tahun mendatang menjadi kenyataan.

“Untuk menjadi destinasi kelas dunia, Maluku juga harus memiliki 3A (amenitas, atraksi dan akses) kelas dunia. Untuk amenitas dan akses, Maluku tidak masalah. Untuk atraksi, itu bisa diwujudkan dalam Maluku Calendar Event 2020. Banyak atraksi berkelas di dalamnya,” kata Wawan.(***)

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *