Sinyal Kolaborasi Anies Baswedan Bersama Partai Golkar di 2024

11 0

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan semakin mesra dengan Partai Golkar. Anies merasa nyaman dan ‘klik’ saat berada dalam lingkungan partai berlambang Pohon Beringin tersebut. Harapan kolaborasi untuk Pilpres 2024 pun menguat. Sebab, Anies dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto kerap disandingkan.

“Datang ke tempat ini rasanya cerah. Suasananya cerah sekali. Selain secara fisik dan emosional, secara psikologis juga begitu. Cerah sekali,” ungkap Anies Baswedan.

Pujian Anies diberikan saat berada di DPD Golkar DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Sabtu (4/9). Partai Golkar memang menggelar program vaksinasi massal. Dalam skala nasional targetnya mencapai 1 Juta orang penerima vaksin, termasuk zona DKI Jakarta. Apalagi, ada 2,7 Juta warga KTP DKI Jakarta belum mendapat vaksinasi Covid-19.

“Kami gembira karena bertemu teman-teman yang selalu memikirkan masyarakat. Orang-orang yang memikirkan Jakarta. Untuk DKI Jakarta, target tercapai sekitar 118% dan 35% hingga 40% yang divaksin adalah KTP luar Jakarta,” terang Anies lagi.

Melihat kehangatan sikapnya, mungkinkah Anies akan menjadi tandem bagi Airlangga di Pilpres 2024? Duet Airlangga-Anies sebelumnya sudah meramaikan banyak survei politik nasional. Mengacu hasil survei Indonesia Political Opinion (IPO), duet Airlangga-Anies mendapatkan elektabilitas 28,4%.

Slot tersebut jauh di atas komposisi lainnya. Untuk komposisi Airlangga-Sandiaga Uno memiliki elektabilitas 26,5%. Lalu, simulasi Airlangga-Ganjar Pranowo hanya mendapat respon sekitar 17,8%. Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP Golkar Maman Abdurrahman menjelaskan, kondisi politik masih sangat cair.

“Kami apresiasi sikap Pak Anies. Hal ini tentu sangat positif. Apalagi, situasinya saat ini masih sangat cair. Masih cukup waktu untuk saling menyesuaikan. Sekarang, biarkan Pak Airlangga dan Pak Anies fokus dengan pekerjaannya. Covid-19 dan pemulihan ekonomi harus ditangani dengan baik,” jelas Maman.

Kehangatan dan kekompakan Airlangga-Anies sebelumnya sudah nampak dalam Deklarasi Vaksinasi Covid-19 Bagi Ibu Hamil di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (19/8). Ada banyak hal menarik yang terjadi dalam pertemuan tersebut. Pertemuan tersebut bahkan berbuah karikatur ‘ijab kabul’ keduanya bersanding di Pilpres 2024.

Dalam karikatur tersebut, tampak Airlangga dan Anies berdiri berdampingan sembari memegang plakat. Menariknya, plakat tersebut bertuliskan ‘Saya Terima Pinangan Bpk Airlangga Untuk Menjadi Wapresnya Airlangga di 2024, Tertanda Anies Baswedan’. Maman mengatakan, Partai Golkar tetap fokus sosialisasi figur.

“Segala sesuatunya masih terbuka dan terjadi. Apalagi, sosialisasi figur terus dilakukan. Kami memang gunakan 2021 sebagai tahun sosialisasi. Kami percaya akan muncul banyak opsi bagi pendamping Pak Airlangga, termasuk Pak Anies,” kata Maman lagi.(*)

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *