SK PPPK Diserahkan, Kinerja dan Disiplin Penyuluh Harus Meningkat

500 0

DHARMASRAYA – Untuk meningkatkan sektor pertanian, dibutuhkan tenaga-tenaga penyuluh yang handal. Untuk itu, Kementerian Pertanian mengangkat sejumlah THL menjadi ASN PPPK. Harapannya, kebutuhan penyuluh di lapangan bisa diatasi.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan peran penyuluh untuk pertanian tidak bisa diabaikan.

“Penyuluh adalah garda terdepan dalam pertanian. Penyuluhlah yang terus mendampingi petani di lapangan agar produksi pertanian tidak bermasalah,” tuturnya.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi, memperkuat hal itu.

“Dalam pandemi Covid-19, pertanian menjadi salah satu sektor yang mampu bertahan bahkan tumbuh positif. Oleh karena itu, momentum tersebut harus dipertahankan dan ditingkatkan. Caranya dengan merekrut penyuluh-penyuluh hebat,” tuturnya.

Di Kabupaten Dharmasraya, penyerahan SK PPPK secara simbolis dilakukan di lapangan Kantor Bupati Dharmasraya, Senin (1/3/2021), atau saat apel gabungan seluruh pegawai di lingkup Kabupaten Dharmasraya

Penyerahan SK dilakukan Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan, didampingi Oleh Wakil Bupati Dasril Panin DT. Labuhan, Sekda H.Adlisman, Kadis Pertanian Darisman, dan Kepala BKPSDM Khairudin.

Penyerahan secara simbolis dilaksanakan terhadap 2 orang perwakilan dari penyuluh dan guru dan dilanjutkan dengan penandatanganan kontrak kerja yang diwakili Kepala BKPSDM.

SK terhitung tanggal 1 Januari 2021, SPMT 1 Maret 2021 Kepada sebanyak 27 orang penyuluh Pertanian dengan rincian penyuluh pertanian 21 orang, tenaga medis 1 orang, paramedik 4 orang, THL perkebunan 1 orang.

THL yang menerima SK juga disampaikan mengenai tugas dan fungsi yang harus dilaksanakan sebagai seorang ASN, yaitu disiplin kerja.

Kadis Pertanian Darisman, didampingi oleh Kabid Penyuluhan, mengharapkan dengan diterimanya SK PPPK ini para penyuluh semakin meningkat kinerjanya dalam memajukan pertanian di Kabupaten Dharmasraya.(PF/EZ)

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *