STP NHI Bandung Bersih-bersih di Sungai Citarum

100 0

BANDUNG – Ada banyak cara untuk merayakan World Tourism Day 2019. Diantaranya dengan bersih-bersih menjaga destinasi. Kegiatan inilah yang dilakukan STP NHI Bandung. Kampus pariwisata ini melakukan bersih-bersih di Sungai Citarum.

Aksi bersih-bersih tersebut dilakukan Jumat (27/9) lalu. Bentuk kegiatannya adalah Karya Bakti dan penanaman pohon. Para civitas akademika ini juga memberikan sumbangan peralatan kebersihan. Untuk urusan ini, STP NHI Bandung bekerjasama dengan Kodam Silwangi dan Citarum Institute. Pelaksanaan kegiatan WTD 2019 difokuskan di Sektor 7.

Menurut Direktur STP NHI Bandung, Faisal, ada alasan mengapa kegiatan bersih-bersih difokuskan di Sungai Citarum.

“Sungai Citarum adalah Icon Jawa Barat. Khususnya dalam mengembalikan kondisi alam, lingkungan dan masyarakat yang asri, sejuk dan alami. Apa yang dilakukan STP NHI Bandung, sesuai instruksi Menpar. Yaitu untuk hadir dan berbuat untuk Citarum Bersih,” papar Faisal, Senin (30/9).

Ditambahkannya, kegiatan ini juga sebagai Implementasi dari nilai-nilai Sustainable Tourism. Atau, wisata berkelanjutan.

Total jumlah peserta dalam kegiatan ini adalah 393 orang. Terdiri dari unsur STP NHI Bandung, Institusi Pendidikan Pariwisata lain, Satgas TNI Kodam Siliwangi sektor 7 dan masyarakat Desa Sidomukti Rancamanyar

“Ada Institusi Pendidikan Pariwisata lain yang berpartisipasi dalam kegiatan WTD 2019. Mereka berasal dari Politeknik Bandung, Universitas Pendidikan Indonesia, STIEPAR -YAPARI, dan Akpar NHI,” sambung Faisal lagi.

Dari hasil bersih-bersih itu, sampah plastik yang terkumpul berjumlah 37 kantong besar dengan panjang bantaran sungai 5 Kilometer.

Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata Ni Wayan Giri Adnyani, kegiatan yang dilakukan STP NHI Bandung sangat positif.

“Apalagi yang mereka lakukan bukan hanya bersih-bersih. Mereka juga melakukan penghijauan dan menjaga lingkungan. Hal ini dibuktikan dengan penanaman 100 pohon buah-buahan produktif di sepanjang bantaran sungai,” papar Giri Adnyani.

Apalagi dilakukan pemberian bantuan peralatan. Berupa cangkul, Sapu, Rompi, Topi dan peralatan lainnya dalam mendukung komunitas bersih Citarum.

Apresiasi juga diberikan Menteri Pariwisata Arief Yahya. Menurutnya, langkah yang dilakukan STP NHI Bandung patut ditiru pihak lain.

“STP NHI Bandung adalah bagian dari sektor pariwisata Tanah Air. Mereka mampu memaksimalkan momen World Tourism Day 2019 dengan sangat baik. Kepedulian ini harus mendapat dukungan. Sukses buat STP NHI Bandung,” papar Menteri lulusan Telematika di University of Surrey Inggris itu.

Related Post

Sumedang Persiapkan Destinasi Kelas Dunia

Posted by - 22 Oktober 2019 0
SUMEDANG – Sumedang siap menyambut peserta West Java Paragliding World Championship 2019. Para peserta dijamin betah. Karena, Sumedang memiliki banyak…

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *