Sumedang Siap Pecahkan Rekor MURI di Paragliding World Championship & Culture Festival

114 0

SUMEDANG – Kabupaten Sumedang serius menggarap sport tourism. Buktinya, event kelas dunia West Java Paragliding World Championship & Culture Festival 2019 bakal digelar. Pesertanya berasal dari dalam dan luar negeri. Yang menarik, akan ada pemecahan rekor MURI.

Rencananya, West Java Paragliding World Championship & Culture Festival 2019 akan digelar 2-8 Oktober. Sedikitnya ada 80 pilot dari 20 negara yang akan bergabung di acara ini. Selain bersaing di level akurasi dan cross country, peserta bisa menikmati fun fly di atas Bendungan Jatigede.

“Event ini akan menguatkan gema pariwisata Sumedang di mancenagara. Pengaruhnya juga bagus bagi pariwisata Sumedang. Terbang di langit Sumedang, ada banyak experience yang bisa dinikmati peserta. Sebab, alam Sumedang itu sangat indah. Mereka juga bisa menikmai sisi lain dari budayanya,” ungkap Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir, Sabtu (27/7).

Ditambahkannya, Sumedang adalah surganya paralayang. Dan ini adalah pertama kalinya kejuaraan paralayang untuk kategori cross contry dan accuracy digelar dalam satu even.

“Batudua Sumedang satu dari dua daerah di Indonesia yang memiliki thermal terbaik. Bisa terbang sangat tinggi, terbang jauh dan lama,” sambung Dony Ahmad Munir.

Melengkapi kemeriahannya, event menawarkan sensasi pemecahan rekor MURI. Dengan venue Jatigede, pemecahan rekor MURI untuk Rekor Dunia Terbang Bersama akan diikuti 160 pilot. Agenda tersebut digelar 7-8 Oktober.

Selain sport, West Java Paragliding World Championship & Culture Festival juga didukung aktivitas budaya. Ada Parade Seni, Festival Kuliner, dan Lomba Fotografi/videografi.

“West Java Paragliding World Championship & Culture Festival 2019 menjadi event besar. Kontennya sangat beragam dan bagus. Peserta dan pengunjung dijamin akan puas. Sebab, mereka mendapatkan sisi lain dari destinasi Sumedang. Silahkan berkunjung ke sini dan nikmatilah sesasinya,” kata Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang Herman Suryatman.

Launching West Java Paragliding World Championship & Culture Festival 2019 akan digelar di Jakarta pada Agustus 2019. Lokasinya di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Kemenpar, Jakarta Pusat. Mengusung tema Wonderfly Sumedang, ada beragam kemeriahan yang digelar di sini.

“Event ini luar biasa. Potensinya terhadap pariwisata Sumedang sangat positif. Branding pariwisata dari Sumedang akan semakin kuat di mancanegara. Selain event utama, prosesi launchingnya juga jangan sampai terlewatkan. Ada beragam kemeriahan dan warna warni Sumedang sebagai venuenya,” terang Asdep Pengembangan Pemasaran I Regional II Kemenpar Adella Raung.

Sumedang Wonderfly akan menampilkan banyak konten dengan 2 zonasi. Untuk Exhibition Area akan ditampilkan beragam Sumedang Art & Culture sekaligus Sumedang Cinderamata. Pada area Paragliding terdapat beragam informasi, seperti profil venue dengan standard internasional dan aneka peralatannya. Ada juga Fun Activity dengan Paragliding 3D Trick Eye. Kemeriahan dilengkapi Sumedang Kuliner.

“Rangkaian West Java Paragliding World Championship & Culture Festival 2019 panjang. Launchingnya akan menampilkan beragam informasi terkait Sumedang dan eventnya. Yang jelas, saat berada di sana, wisatawan bisa menikmati beragam destinasinya. Sumedang memiliki alam yang eksotis,” tegas Kepala Bidang Pemasaran Area I Jawa Kemenpar Wawan Gunawan.

Digulirkannya West Java Paragliding World Championship & Culture Festival 2019 pun direspon positif oleh Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya. Dukungan pun akan dialirkan.

“Ini event besar dan luar biasa. Ada banyak aktivitas yang dilakukan wisatawan di sana. Dengan potensi besarnya, kami akan memberikan dukungan secara penuh. Event tersebut akan bagus bagi Sumedang di mada depan,” tutup Menpar.(*)

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *