Tampil Konsisten, Duet Airlangga-Anies Diunggulkan di Pilpres 2024

84 0

JAKARTA – Duet pasangan Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan diunggulkan pada Pemilu Presiden (Pilpres) 2024. Hal itu seiring dengan terus naiknya elektabilitas kedua tokoh tersebut secara konsisten melampaui figur-figur lainnya.

Hal itu sebagaimana terekam dari hasil survei Indonesia Political Opinion (IPO) baru-baru ini. Direktur IPO, Dedi Kurnia Syah menjelaskan, secara personal, elektabilitas Airlangga Hartarto yang merupakan Ketua Umum DPP Partai Golkar melonjak masuk ke dalam jajaran 10 besar nominasi tokoh Pilpres 2024.

“Elektabilitas Airlangga naik dari 1,5 persen pada April 2021 lalu, menjadi 2,5 persen pada hasil survei Agustus. Popularitas Airlangga juga naik dari 23,7 persen menjadi 34 persen,” kata Dedi dalam keterangan resminya, Jumat (20/8/2021).

Tak hanya secara pribadi, Partai Golkar yang dipimpin Airlangga pun mengalami kenaikan keterpilihan dan berada di posisi kedua dengan 13,8 persen, terpaut tepat di bawah PDI Perjuangan dengan raihan 19,5 persen.

Naiknya elektabilitas Airlangga sejalan dengam keinginan internal Partai Golkar yang menggadangnya untuk maju pada pertarungan Pilpres 2024. Survei yang dilakukan IPO juga merekam kemungkinan pasangan capres-cawapres paling potensial. Hasilnya, duet Airlangga Hartarto dan Anies Baswedan diprediksi bakal memenangkan pertarungan oleh karena menjadi pilihan rakyat sebagaimana terekam dalam survei tersebut.

Duet pasangan Airlangga-Anied mendapat perolehan 28,4 persen. Sementara Airlangga-Sandiaga Uno 26,5 persen dan Airlangga-Ganjar Pranowo 17,8 persen.

Dedi menilai keduanya memiliki keunggulan jika disandingkan. Pertama, mereka akan mampu mengoptimalkan suara pemilih. Dedi menyebut baik Airlangga maupun Anies memiliki basis suara yang saling melengkapi. “Keduanya miliki basis suara berbeda sehingga saling melengkapi. Airlangga dengan soliditas suara Golkar, Anies dari ceruk suara personalnya,” ujarnya

Pada satu sisi, kekuatan figur Anies relatif diterima semua identitas pemilih di Tanah Air. Di sisi lain, Airlangga dipercaya Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjabat posisi krusial selain Menteri Koordinator Bidang Perekonomian.

Airlangga dipercaya memimpin KPCPEN (Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional), Presidensi G-20. “Keduanya memiliki prospek kepemimpinan nasional cukup baik,” ujar Dedi. Pengambilan sampel survei itu sendiri menggunakan metode multistage random sampling dengan sampling eror 2,5 persen dan tingkat akurasi data 97 persen.

Pada saat sama, baik Airlangga maupun Anies cukup dikenal masyarakat. Hal itu terlihat saat keduanya bertemu pada acara pencanangan vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis(19/8/2021).

Baik Airlangga maupun Anies nampak begitu dikenal peserta vaksinasi yang rata-rata ibu-ibu hamil tersebut. Airlangga dan Anies tampil kompak dan konsisten melayani kebutuhan masyarakat yang membutuhkan vaksin. Keduanya pun bergantian menyampaikan kata sambutan pada acara yang digelar di tempat terbuka itu.(*)

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *