Tari Mangastuti Antarkan Kesuksesan Jogja Business Matching

41 0

YOGYAKARTA – Jogja Business Matching resmi dibuka. Event yang diselenggarakan di Hotel Royal Ambarrukmo itu berlangsung pada 23-23 Februari 2021.

Tari Mangastuti ditampilkan sebagai ucapan syukur yang mengantarkan suksesnya penyelenggaraan event. Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo menuturkan, Tari Mangastuti adalah tarian ucapan syukur, rangkaian doa, untaian harapan serta cita-cita kepada Tuhan dari sepasang pengantin yang menempuh hidup baru.

“Kemudian mereka mengekspresikannya dalam kegembiraan bersama demi kebahagiaan, kelanggengan, kesuksesan dalam usaha dan kejayaan,” kata Singgih, Selasa (23/2/2021).

Singgih melanjutkan, dengan maknanya yang begitu mendalam Tari Mangastuti menggambarkan perilaku yang selaras penuh dengan kasih sayang untuk keselamatan hidup di dunia. “Tarian ini identic dengan permohonan keselamatan dunia yang dipanjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa,” tutur Singgih.

Direktur Pemasaran Pariwisata Regional I Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf), Vinsensius Jemadu mengatakan, sebagai sebuah wilayah, Yogyakarta memiliki banyak keunikan yang dapat menarik minat berkunjung wisatawan. Tak hanya dalam keindahan alam dan keramah-tamahan penduduknya, adat istiadat dan budaya juga menjadi magnit yang cukup kuat bagi wisatawan untuk datang berkunjung.

“Salah satunya adalah Tari Mangastuti ini yang memiliki nilai filosofi begitu tinggi. Sebagaimana kita ketahui, pergumulan budaya dan adat istiadat selalu bertalian erat dengan destinasi wisata. Inilah kekuatan Yogyakarta sebagai sebuah destinasi wisata,” ucap Vinsensius Jemadu.

Pria yang karib disapa VJ itu berharap, meski pandemi Covid-19 belum usai, namun destinasi wisata tetap mengedepankan faktor kesehatan agar menjadi jaminan keselamatan bagi wisatawan. “Pandemi ini telah berdampak serius terhadap sektor pariwisata. Kita berharap dapat bergerak kembali dan geliat ekonomi masyarakat dapat berputar lagi,” harap VJ.(*)

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *