Tiba di Bandara Silangit, Jokowi Tinjau Geosite Sipinsur dan Dermaga Muara

152 0

SIBORONG BORONG – Keseriusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) membangun seluruh kawasan super prioritas tak terbantahkan. Setelah hadir di Labuan Bajo, kini giliran Danau Toba turut disambangi.

Selama tiga hari, presiden dijadwalkan akan meninjau sarana dan prasarana transportasi serta pariwisata di empat kabupaten di Danau Toba. Dari mulai Kabupaten Humbahas, Tapanuli Utara, Samosir, dan Tobasa.

Didampingi Ibu Negara Iriana, Presiden Jokowi tiba di Bandara Silangit, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Senin (29/7) sore.

“Ini merupakan bagian dari 4 destinasi wisata super prioritas yang ditinjau Presiden. Mulai dari Labuan Bajo, Danau Toba, Mandalika, dan Borobudur. Dalam pengembangan pariwisata itu, pemerintah menganggarkan Rp 6,4 Triliun. Dimana anggaran untuk pembangunan di sekitar Danau Toba mendapatkan porsi lebih besar. Karena Presiden optimistis, objek pariwisata Danau Toba akan ramai kunjungan wisatawan mancanegara maupun domestik,” ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya yang turut menyambut Presiden di Bandara Silangit, Senin (29/7).

Dari Bandara Silangit, Presiden Jokowi langsung bertolak menuju Sipinsur Geosite di Kabupaten Humbang Hasundutan. Presiden Jokowi hendak melihat secara langsung potensi dan pengembangan kawasan wisata di lokasi tersebut.

Begitu tiba, Presiden Jokowi langsung berkumpul bersama Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Pariwisata Arief Yahya, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dan Bupati Humbang Hasundutan. Semua langsung diajak fokus berdiskusi mengenai pengembangan Quick Win Sipinsur Geosite.

Sebuah destinasi yang layak untuk terus dikembangkan. Bahkan menurut Arief Yahya Kawasan Geosite Sipinsur bisa menjadi atraksi tersendiri. Atraksi untuk mendatangkan wisatawan milenial ke Danau Toba.

“Lokasi Sipinsur hampir mirip dengan Orchid Forest Cikole di Bandung. Kalau dibuat rumah gantung dan jalan gantung seperti Cikole, tentu ini konsepnya anak muda milenial banget. Apalagi ditambah dengan spot selfie,” kata Menpar Arief.

Keindahan Kawasan Geosite Sipinsur jelas tak terbantah. Dari kawasan ini panorama Danau Toba begitu nyata terlihat. Saking indahnya presiden pun menyempatkan diri berfoto bersama Ibu Negara dengan latar belakang Danau Toba. Begitu juga para menteri, kepala daerah dan tokoh setempat juga melakukan foto bersama dengan Presiden dan Ibu Negara di titik yang sama.

Di Geosite Sipinsur pun Presiden Jokowi mencicipi langsung kopi khas Humbang Hasundutan. Kopi jenis Lintong Arabica tersebut pun mampu membuat keduanya semakin menikmati indahnya Danau Toba.

Selepas meninjau Geosite Sipinsur, Presiden beserta meninjau Pelabuhan Penyeberangan Muara, Kecamatan Muara. Setelah itu rombongan akan kembali ke Kabupaten Tapanuli Utara untuk bermalam.

Rencananya, Presiden dan Iriana rencananya berada di Provinsi Sumatera Utara hingga Rabu (31/7). (****)

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *